Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

3 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Jerawatmu Makin Parah

3 Jenis Makanan Ini Bisa Bikin Jerawatmu Makin Parah

BANYAK orang beranggapan bahwa munculnya jerawat di wajah dipengaruhi oleh konsumsi makanan tertentu. Stigmanisasi ini masih debatable. Bergantung sudut pandang masing-masing subjek/individu.

Namun jika mengacu beberapa penelitian,  beberapa makanan memang ditengarai bisa membikin hormon terpengaruh dan memicu peningkatan produksi minyak pada kulit wajah. Hal itulah yang kemudian menyebabkan jerawat bertambah buruk.

Untuk diketahui, jerawat biasanya akan muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri, minyak, kotoran, atau kombinasi semua itu.

Nah, pori-pori yang tersumbat inilah kemudian meradang dan selanjutnya tumbuh menjadi jerawat.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamim RSUD dr. Iskak dr. Sekar Puspita, Sp.KK mengatakan, penelitian tentang makanan dan jerawat masih ada pro-kontra atau hasilnya tidak konsisten.

”Akan tetapi, dari penelitian juga yang hasilnya konsisten, terdapat 3 makanan yang bisa membikin jerawat semakin buruk,” kata Dokter Sekar, Senin, 22 Maret 2021.

Jenis makanan yang pertama, yakni makanan  dengan karbohidrat olahan dan minuman yang mengandung gula yang berlebih.

”Contohnya bisa saja, mie instan dan minuman boba,” kata dokter Sekar.

Selanjutnya, jenis makanan yang kedua berasal dari makanan yang diolah dari susu sapi. Dokter Sekar mencontohkan, keju, mentega, dan margarin.

Jenis makanan yang ke-3 yakni makanan dengan whey protein. Makanan ini menjadi salah satu jenis protein yang sering dipakai dalam makanan dan suplemen olahraga.

Dari beberapa penelitian, makanan dengan whey protein bisa merangsang tubuh menghasilkan insulin yang lebih tinggi dan merangsang sel-sel kulit tubuh untuk membelah dengan cepat. Kombinasi dua hal tersebut bisa memicu tuimbulnya jerawat.

Ia menceritakan ada pasiennya yang sering bertanya apakah sering mengonsumsi gorengan bisa membikin jerawat.

Dampak memakan gorengan biasanya tidak langsung, namun mempengaruhi peningkatan kolesterol di dalam tubuh dan memicu hormon lokal pada wajah. ”Makan gorengan itu efeknya tidak secara langsung, serta kecenderungan setiap orang berbeda,” paparnya. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119