Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Anda Kecanduan Narkoba dan Ingin Sembuh? Datang Saja Ke RSUD Iskak. Kami Siap Membantu...

Anda Kecanduan Narkoba dan Ingin Sembuh? Datang Saja Ke RSUD Iskak. Kami Siap Membantu…

BANYAK orang terlanjur terjerumus pada penyalahgunaan narkoba, padahal dampaknya sangat buruk bagi yang mengonsumsi, seperti menurunnya kualitas kesehatan baik secara fisik maupun psikis. Kalau mau aman dan sehat sebaiknya dihindari penggunaan narkoba. Kecuali untuk kebutuhan/kepentingan medis.

Asal tahu saja ya.., penyalahgunaan narkoba dapat menjadi salah satu faktor penyebab kematian karena overdosis.

Hal ini disampaikan oleh Konselor Narkoba RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Heru Dwi Cahyono dalam acara talkshow interaktif oleh tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) yang disiarkan secara langsung melalui kanal resmi RSUD dr Iskak di YouTube, Facebook dan Instagram, Kamis (5/11/2020).

Menurut dr. Heru Dwi Cahyono, meskipun penyalahgunaan narkoba dapat memberikan dampak buruk oleh pecandu itu sendiri, namun masih bisa disembuhkan dengan cara rehabilitasi.

“Secara medis, pecandu narkoba dapat diatasi dengan beberapa tahapan rehabilitasi. Pasien yang Ingin sembuh harus berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang tersebut,” katanya

Dr. Heru bilang, proses rehabilitasi adalah langkah terbaik untuk pengobatan para pecandu narkoba. Pada prosesnya, pecandu dibantu untuk berhenti supaya tidak mengkonsumsi narkoba secara total dengan mengikuti tahapan tahapan yang harus di laluinya.

Terdapat tiga golongan pecandu narkoba (narkotika), yakni golongan berat, sedang dan golongan ringan. Dari ketiga golongan tersebut proses penanganan rehabilitasinya pun berbeda, sedangkan yang memungkinkan cepat sembuh adalah golongan pecandu ringan.

“Tingkat kesembuhan bervariasi, bisa cepat atau lebih lambat, tergantung dari pemakai itu sendiri. Apakah tergolong pemakai berat atau penguna ringan,” terangnya.

Kata dia, pelayanan rehabilitasi di RSUD dr. Iskak hanya untuk pecandu narkoba pemula (golongan pecandu ringan) yang Ingin disembuhkan. Artinya, pecandu ringan ini belum menjadi pecandu narkoba golongan berat. Akan tetapi jika ada pasien dengan golongan berat nantinya akan diberikan arahan kemana iya harus berobat.

“Pasien dengan gejala ringan dapat ditangani dengan rehabilitasi rawat jalan. Dan untuk pecandu golongan sedang atau berat nanti akan disarankan rujuk ke pelayanan kesehatan lainnya,” katanya.

Pihaknya mengingatkan, kepada seluruh masyarakat Tulungagung dan sekitarnya, terutama pada orang tua yang memiliki anak usia remaja untuk meningkatkan pengawasan pergaulan putra-putrinya, agar tidak terjerumus ke dalam lingkaran obat-obatan terlarang.

Sedangkan khusus orang tua, apabila mencurigai ataupun mengetahui sendiri putra-putrinya pemakai narkoba, segera konsultasikan dengan pihak pihak yang terkait, supaya tidak terjadi kemungkinan yang dapat memperburuk keadaannya.

“Siapapun tidak perlu takut atau sungkan untuk konsultasi di RSUD dr. Iskak, sebab kerahasiaan pasien dijaga dengan baik,” tuturnya.

Selanjutnya, pecandu narkoba baik remaja maupun dewasa dapat diketahui dengan beberapa ciri fisik maupun psikologisnya. Berikut beberapa tipsnya sebagai berikut:

Ciri-ciri penguna narkoba secara fisik dapat diketahui melalui perubahan perilaku tidak wajar (ketidakpedulian penampilan), berat badan menurun secara cepat, pola gaya hidup sehat menurun dan sulit tidur.

Berikutnya, ciri-ciri pecandu narkoba dari sisi gangguan psikologisnya, sering menyendiri (jauh dari kehidupan sosial), cemas (paranoid), sulit konsentrasi dan suka berkhayal sendiri.

“Jika mengentahui siapapun (anak, kerabat, keluarga maupun teman) dengan tanda tanda ciri yang sama, sebaiknya segera membawanya untuk meminta pertolongan medis sebelum terlambat agar proses penyembuhannya lebih mudah,” katanya.

Dan untuk mendapatkan layanan dan fasilitas rehabilitasi RSUD dr. Iskak Tulungagung, anda bisa langsung datang di poliklinik rehabilitasi atau melalui pendaftaran secara online melalui aplikasi Si-Poetri.

Jadwal periksa dokter poliklinik dimulai hari Senin sampai Jumat. Jam layanan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB untuk hari Senin-Kamis, dan pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB untuk haria Jumat.

Jika ingin berkonsultasi, pasien tidak harus hadir di rumah sakit, keluarga/kerabat pasien cukup menghubungi PSC-119 di (0355) 320-119 atau di nomor whatsapp 082-230-094-119 terlebih dahulu.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119