Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Angka Pemasangan Ring Jantung di RSUD dr. Iskak Tertinggi Ketiga Nasional

Angka Pemasangan Ring Jantung di RSUD dr. Iskak Tertinggi Ketiga Nasional

ANGKA pemasangan ring jantung di RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur diklaim yang tertinggi ketiga nasional di bawah RS Harapan Kita (Jakarta) dan RSUD dr. Sardjito, dengan tingkat keberhasilan mencapai 90 persen lebih.

“Ini menunjukkkan angka insiden serangan jantung di wilayah Jatim bagian barat daya termasuk tinggi,” kata Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD dr. Iskak, dr. Arif Wibisono, Sp.JP, FIHA di Tulungagung, Sabtu.

Ia merujuk data pemasangan ring jantung di RSUD dr. Iskak pada kurun 2019 yang mencapai 243 pasien. Arif tak bisa menyajikan data detil jumlah kasus dan angka pemasangan ring dari tahun ke tahun.

“Saya lupa angkanya kalau tidak melihat data. Tapi yang pasti (jumlahnya) lebih besar (banyak) ketimbang periode 2019,” imbuhnya.

Hebatnya, lanjut Arif, mayoritas tindakan operasi pemasangan ring jantung selalu berhasil. Sekitar 90 persen lebih, dari total pasien jantung yang berkeinginan memasang ring jantung. Kondisi pasien juga menjadi lebih sehat, tidak lagi ada keluhan.

Tingginya angka pemasangan ring (stent) jantung inilah yang kemudian menghantarkan RSUD dr. Iskak Tulungagung kemudian ditetapkan oleh Kemenkes sebagai rumah sakit rujukan untuk pelayanan jantung di wilayah Jatim bagian barat daya, pada akhir 2020.

Terlebih rumah sakit plat merah milik Pemkab Tulungagung ini telah memiliki inovasi pelayanan unggulan yang dinamai LASKAR (Layanan Sindrom Koroner Akut Terintegrasi) dan juga inovasi PSC (Public Safety Centre) yang membuat masyarakat Tulungagung dan sekitarnya lebih mudah mengakses layanan kesehatan dengan cepat.

“Selain (RSUD dr.) Iskak, ada tiga rumah sakit lain di Jawa Timur yang juga ditetapkan sebagai rumah sakit rujukan pelayanan jantung dan memiliki kapasitas pemasangan ring (jantung), yakni RSUD Sidoarjo, RS Saiful Anwar Malang, dan RSUP dr. Soetomo Surabaya,” jawab Arif saat dikonfirmasi Antara.

RSUD dr.Iskak Tulungagung sendiri mulai bisa melakukan pemasangan ring jantung pada Oktober 2016. Pembukaan layanan pemasangan ring jantung tersebut merupakan langkah maju, setelah sebelumnya sejak 2013 tim medis di Poli Jantung RSUD dr. Iskak bisa melakukan diagnosa penyumbatan pembuluh jantung pasien dengan teknik katerisasi. Kendati peralatan/prasarana medis untuk pemasangan ring jantung masih belum sepenuhnya memadai, tiga dari lima dokter spesialis jantung RSUD dr. Iskak Tulungagung sudah mumpuni dalam penanganan pasien jantung yang membutuhkan operasi pemasangan ring, secara cepat dan efisien. (PKRS/MDS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119