Apa Itu Tes Darah dan Apa Tujuannya. Ini Penjelasan Dokter

Apa Itu Tes Darah dan Apa Tujuannya. Ini Penjelasan Dokter

SEBAGAIMANA kata dasar yang digunakan, tes darah adalah satu rangkaian tindakan pemeriksaan sampel darah yang diambil menggunakan jarum suntik kecil di pembuluh darah pada bagian tubuh tertentu. Tujuannya yang paling sering untuk mendeteksi suatu penyakit.

Sebelum lebih jauh mengulas tentang apa itu tes darah berikut maksud dan tujuannya, perlu segarkan lagi wawasan kita tentang sel-sel yang terkandung dalam darah. Jadi ada empat komponen dalam darah manusia, yakni terdiri dari eritrosit (sel darah merah), leukosit (sel darah putih), trombosit (keping darah) dan plasma darah.

Dokter Spesialis Patologi Klinik RSUD Iskak Tulungagung dr. Henny Rahmar RY, Sp. PK menjelaskan, tes darah merupakan salah satu penunjang dokter untuk menganalisa suatu penyakit yang diderita oleh pasien.

“Pemeriksaan sangat berguna karena bisa diandalkan sebagai penunjang untuk membantu mendiagnosa suatu penyakit pasien,” katanya saat menjadi narasumber talkshow interaktif yang disiarkan langsung via kanal resmi RSUD dr Iskak di YouTube, Facebook, Instagram dan radio perkasa FM, Kamis (26/11/2020).

Menurut penjelasan dr. Henny, meskipun pemeriksaan darah berguna untuk mendiagnosa penyakit, akan tetapi prosedur ini tidak selalu dilakukan. Hal itu terjadi manakala dokter sudah bisa mendiagnosa penyakit hanya dengan pemeriksaan keluhan atau pemeriksaan fisik pada pasien.

“Untuk memberikan hasil yang pasti dan teruji, maka prosedur pengujian laboratorium akan lebih baik dilakukan. Sebab dengan begitu, dokter bisa mengetahui kadar dan jenis darahnya atau untuk memantau sejauh mana tingkat keparahan yang dialami oleh pasien,” katanya

Volume pada pengambilan sampel darah hanya membutuhkan sekitar 6 persen dari berat badan pasien. Artinya, darah yang diambil sebanyak 2/5 cc saja untuk dapat memberikan informasi yang dikehendaki.

Setelah proses pengambilan sampel darah selesai, darah akan dimasukkan ke dalam botol khusus lalu dibawa ke laboratorium untuk pengujian. Hasilnya nanti dapat dijadikan sebagai dasar indentifikasi dari beragam penyakit yang diderita oleh pasien.

“Melalui uji laboratorium nantinya dokter akan mendapatkan informasi status kesehatan pasien,” ucap dr. Henny.

Secara umum, cek darah dilakukan untuk mendeteksi keberadaan racun, zat zat, komponen berbahaya, mendeteksi penyakit dan dapat digunakan pula untuk memeriksa kondisi kesehatan pasien secara menyeluruh.

Selain itu, hasil pengujian cek darah bisa untuk mengetahui kadar hemoglobin atau Hb (naik/turun), anemia (kurang darah), tekanan darah, jumlah sel sel darah, kadar trombosit, kolesterol dan untuk mendapatkan berbagai hasil lainnya pada pemeriksaan kondisi tubuh.

Durasi dalam pengambilan sampel darah (cek darah) dan menunggu hasil uji laboratoriumnya pasien hanya membutuhkan waktu kurang dari 90 menit saja.

“Tes darah dapat dilakukan pada pasien baik dalam keadaan sakit maupun sehat, sesuai dengan kebutuhannya,” katanya.

Menurut dr. Henny, cek darah pada pasien sehat umumnya bersifat rutin (general check up), yang dilakukan pasien setiap enam bulan sekali. Kontrol rutin dilakukan pasien yang berusia 40 tahun ke atas, dan mempunyai tujuan sebagai upaya pencegahan bila mempunyai faktor risiko penyakit.

“Jika penyakit sudah diketahui lebih awal, maka pengobatan bisa dilakukan untuk memberikan pencegahan sedini mungkin. Dokter dapat segera memberikan saran yang tepat untuk melakukan pengobatan sesuai dengan kebutuhan pasien selanjutnya.

Dalam kondisi lain, cek darah bukan hanya untuk cek kesehatan pribadi saja, melainkan sangat diperlukan sebagai salah satu persyaratan administratif melamar suatu pekerjaan, kepentingan administrasi sekolah, kuliah dan hal penting lainnya.

Jika sahabat RSUD dr. Iskak Tulungagung berencana melakukan tes darah, anda bisa datang langsung di poliklinik medical check up. Jadwal periksa dokter poliklinik dimulai hari Senin sampai Jumat pada jam layanan.

Jam layanan mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB untuk hari Senin-Kamis, dan pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB untuk hari Jumat.

Selain itu, anda juga bisa mendaftar melalui aplikasi Sistem Pendaftaran Online Tanpa Antri (Si-Poetri), Whatsapp dan Sms 0823 3355 3066.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119