Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Apa Sih Guna Pasang Ring Jantung? Ini Penjelasan dr. Arif Wibisono, Sp. JP, FIHA

Apa Sih Guna Pasang Ring Jantung? Ini Penjelasan dr. Arif Wibisono, Sp. JP, FIHA

MASYARAKAT yang awam dengan dunia kesehatan, termasuk istilah-istilah di dalamnya, tentu masih bertanya-tanya manakala mendengar ada orang sakit jantung lalu dipasangi ring dalam organ tubuh vital di rongga dada sebelah kiri kita.

Pasang ring di jantung?! Hah… yang benar saja. Gimana memasukkan ringnya? Dipasang di organ jantung apalagi. (Rasanya) agak sulit dinalar. Bagaimana cara memasukkan ringnya ke dalam tubuh? Dipasang di pembuluh apalagi.

Nah, begitu kira-kira alam fikiran mereka yang masih awam tentang dunia kesehatan. Namun berbeda halnya dengan yang sudah melek tentang masalah medis, termasuk problematika jantung serta metode pengobatan kontemporer.

Begitu pentingnya isu ini, sampai-sampai tim PKRS RSUD dr. Iskak Tulungagung merasa perlu mengangkat tema tersebut untuk diulas dalam talkshow virtual (daring) yang digelar sepekan dua kali di RSUD dr. Iskak pada Kamis, 22 Januari 2021.

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RSUD dr. Iskak, dr. Arif Wibisono, Sp. JP, FIHA yang didapuk sebagai narasumber tunggal pun menjelaskan panjang lebar.

“Pemasangan ring jantung (stent) merupakan salah satu metode pengobatan medis untuk pasien-pasien dengan gangguan pembuluh darah jantung koroner,” terang dr. Arif Wibisono mengawali penjelasan.

Kata dia, bantuan alat ring jantung dapat mengembalikan fungsi saluran-saluran pembuluh darah yang sebelumnya tersumbat, menjadi normal.

Pemasangan ring jantung juga dapat mengurangi keluhan-keluhan yang diderita oleh pasien.

“Pemasangan ring jantung pada prinsipnya adalah untuk membuka atau mengalirkan lagi saluran pembuluh darah yang tersumbat, baik dalam kondisi saluran pembuluh derajatnya tertutup total maupun sedang,” ujarnya. Lanjut dia, pemasangan ring jantung merupakan salah satu metode pengobatan pada pasien dengan gangguan pembuluh darah jantung koroner.  (PKRS/MFW)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119