Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Awas! Sakit Gigi saat Kehamilan (Bisa) Pengaruhi Pertumbuhan Janin

Awas! Sakit Gigi saat Kehamilan (Bisa) Pengaruhi Pertumbuhan Janin

SAKIT GIGI pada ibu hamil dapat mengakibatkan pusing sehingga memicu kecemasan dan kekhawatiran. Hal ini tentu tak bisa disepelekan, mengingat problem kesehatan gigi pada ibu hamil ini sangat mempengaruhi proses pertumbuhan janin di dalam kandungan, hingga memicu terjadinya kelahiran bayi prematur dan masalah lainnya.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr. Irfani Baihaqi, Sp .OG mengatakan, keluhan nyeri dan pusing muncul saat hamil biasanya disebabkan oleh masalah gigi. Sebab menurut dokter Irfani, sebagian besar sakit gigi pada ibu hamil lebih dulu muncul sebelum hamil.

“Saya sering mendapatkan kunjungan pasien hamil dengan usai kehamilan 3-4 bulan keluhannya sama. Kemudian kami sarankan untuk dilakukan pemeriksaan gigi di poli gigi. Setelah diperiksa ditemukan sakit gigi,” kata dokter Irfani saat Talkshow interaktif di kanal sosial media RSUD dr Iskak dengan tema “Periksa Gigi Dulu Ya Sebelum Hamil” pada Senin siang, 15 Februari 2021.

Talkshow kali ini terasa istimewa karena hadirnya dua dokter spesialis, membahas keterkaitan antara kesehatan ibu hamil dan masalah (sakit) gigi. Yakni selain dr. Irfani Baihaqi, Sp .OG, tampil juga sebagai pembicara drg. Dony C. Firmansyah, Sp. KG, dokter spesialis konservasi gigi RSUD dr. Iskak.

Menurut Dokter Irfani, timbulnya masalah gigi saat hamil itu disebabkan karena adanya pengaruh dari hormon epulis gravidarum. Hormon tersebut mengalami perubahan sehingga membuat pembuluh darah gusi menjadi lebar dan kemudian membengkak.

“Oleh sebab itu, pentingnya pemeriksaan kondisi kesehatan gigi sebelum program kehamilan,” ujarnya

Saat disinggung sakit gigi bisa berdampak kepada proses pertumbuhan pada janin di dalam kandungan. Dokter Irfani mengatakan rasa nyeri bisa membikin kontraksi secara terus-menerus yang berdampak kepada janin. ”Hal ini bisa memicu terjadinya kelahiran bayi prematur dan masalah lainnya,” jelasnya.

Menimpali ulasan dr. Irfani, Dokter Spesialis Konservasi Gigi RSUD dr. Iskak drg. Dony C. Firmansyah, Sp. KG menjelaskan karena sakit gigi dan gusi, bisa menimbulkan perluasan infeksi gigi sampai ke area leher. Nah, perluasan infeksi ini dapat membahayakan nyawa ibu dan janin saat hamil.

“Jika sudah terlanjur sakit tindakan yang harus dilakukan adalah pengendalian agar tidak terjadi perluasan infeksi,” jelasnya.

Dokter Dony menambahkan, infeksi pada gigi bersumber juga dari gigi berlubang, karang gigi dan sisa akar gigi. Kondisi gigi yang mengalami infeksi menimbulkan nyeri, serta gusi yang membengkak, akibatnya nafsu makan menurun. Hal ini tentunya berpengaruh pada kecukupan gizi pada janin. ”Selama proses kehamilan kesehatan gigi dan mulut harus dijaga dengan baik, untuk menghindari masalah ini sebelum program hamil sebaiknya melakukan pemeriksaan gigi terlebih dahulu,” tutupnya (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119