Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

BEGINI CARA RSUD DR ISKAK RAYAKAN ULANG TAHUN

Direktur RSUD Dr.Iskak Tulungagung, Dr. Supiryanto, Sp.B, FINACS melakukan tabur bunga di pusara Dr. Iskak.

 

Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Iskak Tulungagung memiliki cara sendiri dalam memperingati ulang tahunnya. Tak membuat pesta hura-hura, karyawan rumah sakit justru mengevaluasi diri agar bisa meningkatkan mutu pelayanan masyarakat.

Tepat di hari ulang tahun ke-101, RSUD Dr. Iskak Tulungagung menggelar seminar sehari tentang Etika Profesi tenaga medis. Seminar ini ditujukan untuk membangun kesadaran para pegawai tentang penegakkan etika dalam melayani masyarakat. “Kesadaran masyarakat untuk menuntut hak pelayanan makin besar. Kami harus siap memenuhi kebutuhan mereka dengan standar etika,” kata Mochamad Rifai, Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD Dr. Iskak Tulungagung.

Tak hanya pegawai, jajaran direksi turut serta dalam seminar yang menghadirkan Dr. Arief Alamsyah, MARS ini. Tema yang diangkat juga relevan, yakni Etika Profesi Dalam Pelayanan Masyarakat.

Dalam seminar itu, Dr. Arief Alamsyah mengingatkan kembali para staf rumah sakit untuk menegakkan etika yang telah menjadi standar baku dan mengikat para tenaga medis. “Etika adalah aturan bertindak atau berperilaku. Petugas kesehatan juga terikat pada etika dan hukum,” katanya.

Jika etika ditentukan oleh komunitas atau kelompok profesi, ada ketentuan lain yang mengikat dari negara, yakni hukum. Hukum adalah aturan berperilaku yang ditentukan oleh pemerintah dan tertulis. Baik etika maupun hukum mempunyai tujuan yang sama, yakni terciptanya kehidupan masyarakat yang tertib, aman, dan damai.

Dengan pengetahuan ini, seluruh staf rumah sakit diharapkan mampu mengetahui dengan baik aturan yang mengikat mereka dalam bekerja. Sehingga penyimpangan atas ketentuan etika dan hukum dalam melayani masyarakat bisa dihindari. Apalagi Keduanya memiliki resiko atau sanksi terhadap pelanggarannya.

Selain menggelar seminar, Direktur RSUD Dr. Iskak Tulungagung, Dr. Supriyanto, Sp.B FINACS mengajak sejumlah karyawan melakukan tabur bunga di pusara Dr. Iskak. Dia adalah perintis lahirnya RSUD Dr. Iskak yang berjasa pada kehidupan masyarakat Tulungagung di masa datang. “Merekalah pahlawan kesehatan kita,” kata Dr. Supriyanto.

Sementara untuk memeriahkan momen spesial ini, manajemen RSUD Dr. Iskak menggelar rangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh awak rumah sakit. Diantaranya adalah lomba mutu unit, lomba kinerja dokter, Khotmil Quran, lomba MC, fun bike, fun game, bazar RSUD, pengajian anak-anak, dan upacara.

Selamat ulang tahun rumah sakitku. Semoga Tuhan melimpahkan rahmat kepada seluruh karyawan RSUD Dr. Iskak. (*)

 

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119