Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Beginilah Protokol Penyimpanan Vaksin COVID-19 di RSUD dr. Iskak

Beginilah Protokol Penyimpanan Vaksin COVID-19 di RSUD dr. Iskak

VAKSIN COVID-19 produksi Sinovac harus disimpan dengan suhu penyimpanan 2-8 derajat celcius. Apabila suhu penyimpanan tak sesuai prosedur, maka vaksin tersebut tidak dapat digunakan.

Prosedur penyimpanan dengan suhu rendah inilah yang dijalankan Unit Instalasi Farmasi RSUD dr Iskak untuk menjaga vaksin COVID-19 agar terjaga dalam kondisi baik dan bisa diinjeksikan.

Binti Muzayyanah, M.Farm. Klin. Apt,  Kepala Instalasi Farmasi RSUD dr. Iskak menjelaskan, di unit tempatnya bertugas, vaksin COVID-19 ditempatkan pada satu kulkas atau almari farmasi berpendingin atau pharmaceutical refrigerator, serta terhindar dari sinar matahari.

”Kami tidak menyimpan vaksin COVID-19 dengan vaksin dan obat-obatan yang lain,” kata Binti Muzayyanah menjelaskan, Selasa siang, 13 Februari 2021.

Kata dia, protokol penyimpanan itu dilakukan guna menjaga suhu tetap berada 2-8 derajat celcius. Apabila disimpan dengan obat-obatyan lainnya, maka dikhawatirkan mempengaruhi perubahan suhu.

”Takutnya saat ditaruh dengan obat lainnya, maka kulkas sering dibuka-tutup, itu bisa mempengaruhi suhu penyimpanan,” kata Binti.

”Jika suhunya melebihi 2-8 derajat celcius, vaksin tak dapat digunakan,” imbuh perempuan yang berkarir di apoteker sejak tahun 1997 ini.

Selanjutnya, saat dibawa ke lokasi vaksinasi, pihaknya memakai kotak pendingin atau cooller box yang memiliki pemantau suhu.

Bila suhunya mendekati 8 derajat celcius, maka bisa ditambah es agar tetap terjaga pada suhu 2-8 derajat celsius.

Petugas yang membawa vaksin di tempat vaksinasi dari apoteker klinis yang berjumlah dua orang. Satu bertugas mendata, satunya lagi  memasukkan vaksin ke spuit (alat suntik) injeksi.

Hingga saat ini, instalasi farmasi RSUD Iskak sudah menerima 1.548 vial vaksin untuk dosis pertama, kemudian 1.548 vial vaksin juga pada dosis kedua. Semuanya dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung. Tempat penyimpanan berada di ruang farmasi Graha Hita Husada  RSUD dr Iskak.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Tulungagung bertujuan mengurangi transmisi atau penularan COVID-19.

Selain itu berguna untuk menurunkan angka yang terpapar dan kematian akibat virus corona, hingga mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Vaksinasi ini dijalankan secara bertahap, karena pasokan vaksin tidak bisa langsung tersedia sesuai jumlah yang dibutuhkan untuk vaksinasi semua sasaran. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119