Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Berkat PADI WANGI, RSUD dr. Iskak Raih Penghargaan Kovablik 2020

Berkat PADI WANGI, RSUD dr. Iskak Raih Penghargaan Kovablik 2020

SETELAH berjalan lebih dari satu tahun inovasi ‘PADI WANGI’ diterapkan , aplikasi pengingat digital waktu ganti cairan infus hasil kreasi kelompok budaya kerja (KBK) di Unit paviliun Graha Hita Husada RSUD dr. Iskak Tulungagung ini akhirnya merengkuh penghargaan Kovablik 2020 tingkat Jawa Timur.

Capaian ini tentu membanggakan, mengingat peserta kompetisi ada 190 kelompok budaya kerja dari berbagai daerah di Jatim. Pada 28 September 2020, inovasi PADI WANGI dinyatakan lolos tahap II menyisakan tujuh KBK untuk kategori pelayanan jasa medis.

Enam kelompok budaya kerja lain yang mendapat skoring tertinggi dari tim penilai Pemprov Jatim adalah inovasi PRODITA milik Puskesmas Takeran Kabupaten Magetan, REAKSI dari RSU Daha Husada Kediri, GIGI BERSERI karya RSU Haji Surabaya, LALA MOBILE dari UPTD Laren Kabupaten Lamongan, ATM (Aman, Tepat, Manusiawi) milik RSUP dr. Soetomo Surabaya, dan SACEMIRA karya inovasi tim KBK RS Menur Surabaya.

Sempat digadang menjadi yang terbaik, PADI WANGI akhirnya ditetapkan sebagai juara harapan 2 terbaik se-Jatim, berkat terobosan penanganan pelayanan medis dalam hal penggantian cairan infus pasien yang kerap telat. Piagam penghargaan secara resmi diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Tulungagung Maryoto Birowo dan Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, M.Kes.

Penganugerahan diberikan bersamaan dengan penyerahan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Perangkat Daerah Provinsi, penghargaan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) serta kompetisi Kelompok Budaya Kerja (KBK), berlangsung di gedung pertemuan The Singhasari Resort, Kota Batu pada Jumat (13/11/2020).

Sukses inovasi RSUD dr. Iskak PADI WANGI menembus kejuaraan ini di tingkat Provinsi Jawa Timur 2020 merupakan buah karya kerja keras dari tim KBK Padi Wangi yang menciptakan karya aplikasi sederhana “Pengingat Digital Waktu Ganti Cairan Infus”. Aplikasi ini memiliki kontribusi signifikan dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kepuasan pasien rawat inap di RSUD dr. Iskak Tulungagung.

“Aplikasi ini sangat bermanfaat karena dapat meminimalisir resiko cidera yang dialami pasien,” kata Rifai Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak.

Inovasi PADI WANGI merupakan buah budaya Kaizen yang diterapkan di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Sebuah tradisi pencarian masalah dan kendala yang dikembangkan pabrikan mobil asal Jepang, Toyota, dalam upayanya meningkatkan mutu produk dan kepuasan pelanggan. Tradisi yang melecut munculnya terobosan solusi dan inovasi.

Budaya itu yang kemudian banyak diadopsi banyak perusahaan dan lembaga layanan publik, termasuk RSUD dr. Iskak Tulungagung. Melalui sebuah perlombaan yang diberi tagline “Kaizen Festival” yang diikuti setiap unit pelayanan, berbagai inovasi pun dilahirkan. PADI WANGI salah satunya. Dikreasi oleh tim KBK Padi Wangi dari Unit Paviliun Graha Hita Husada, sebuah aplikasi berbasis teknologi berhasil mereka rancang. Namanya juga PADI WANGI. Akronim dari “Pengingat Digital Wakti Ganti Cairan Infus”. Sebuah aplikasi pengingat digital untuk menentukan waktu mengganti cairan infus pasien rawat inap.

Dengan aplikasi ini, respon perawat kami terhadap pemantauan cairan infus meningkat signifikan. Keselamatan pasien terjaga. Kepuasan pasien dan keluarga pasien juga semakin baik berkat perubahan kecil yang kami lakukan.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119