Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Bertahap, 1.468 Nakes dan Karyawan Jalani Vaksinasi COVID-19

Bertahap, 1.468 Nakes dan Karyawan Jalani Vaksinasi COVID-19

GERAKAN vaksinasi di Tulungagung akhirnya resmi dimulai. Bersamaan dengan vaksinasi terhadap 20 tokoh masyarakat dan tokoh publik yang dianggap sebagai “key person” dengan pengaruh luas di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, injeksi vaksin COVID-19 juga diberikan kepada jajaran tenaga kesehatan yang tersebar di rumah sakit dan faskes-faskes di tingkat kecamatan..

Di RSUD dr. Iskak, misalnya, sejak pagi (Kamis, 28 Januari 2021), 200-an nakes dan karyawan bergantian menerima vaksin dari tim vaksinator.

Kegiatan vaksinasi di rumah sakit plat merah ini diselenggarakan di dua titik kumpul, yakni  di ruang pertemuan dr. Soenarjo Sadikin yang berada di lantai 2 gedung utama RSUD dr. Iskak serta di ruang Poli Esekutif Paviliun Graha Hita Husada.

Plt. Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr. Zuhrotul Aini, Sp.A mengatakan, sebanyak 1.468 peserta vaksinasi dari seluruh nakes dan karyawan rumah sakit.

“Hari ini adalah kegiatan vaksinasi tahap pertama, dan target vaksinasi maksimal untuk 200 peserta vaksinasi per hari,” katanya.

Menurutnya, vaksinasi COVID-19 bakal berlangsung selama tujuh hari ke depan, dengan melibatkan 50 vaksinator yang terdiri dari dokter, perawat dan bidan. Mereka akan bertugas di masing masing meja pelayanan vaksinasi.

Untuk diketahui, sebelum disuntik vaksin, setiap peserta vaksinasi mendaftar di meja 1, kemudian ke meja 2 untuk screening suhu tubuh, tekanan darah, dan wawancara riwayat penyakit.

Apabila hasilnya lolos, maka berpindah ke meja 3 untuk penyuntikan vaksin. Tahap akhir adalah ke meja 4 untuk observasi kemungkinan terjadi kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI).

Kata dia, pemberian vaksin Sinovac  ini harus dilakukan sebanyak dua gelombang. Jadwal gelombang berikutnya akan dilaksanakan dua pekan lagi.

“Proses vaksinasi menerapkan protokol kesehatan dan tidak bergerombol, durasinya 1 jam untuk 15 orang, dalam sehari akan dilakukan tujuh sesi,” terangnya.

Aini menegaskan, untuk semua vaksinator yang bertugas selama proses vaksinasi berlangsung untuk tetap menjaga kesehatan dengan baik, dan tetap bersemangat.

“Jika ada petugas yang sakit, segeralah mundur dan melaporkan ke sekretariat,” katanya.

Ia mengingatkan, sampai saat ini belum ada antivirus yang terbukti mampu menyembuhkan penyakit flu akibat serangan dari virus COVID-19.

Oleh karena itu, selain mematuhi protokol kesehatan, pilihannya adalah melakukan vaksinasi. “Ini merupakan wujud ikhtiar kita untuk menghadapi pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung selama setahun, mudah mudahan semua kegiatan berlangsung lancar sampai selesai,” tandasnya.(PKRS/MAS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119