Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Bertahap, 285 Pegawai Tidak Tetap BLUD Non-ASN RSUD dr. Iskak Jalani Orientasi

Bertahap, 285 Pegawai Tidak Tetap BLUD Non-ASN RSUD dr. Iskak Jalani Orientasi

SEBANYAK 285 pegawai tidak tetap BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) non-ASN (aparatur sipil negara) RSUD dr. Iskak yang baru saja diterima, menjalani masa orientasi kepegawaian  secara bertahap.

Sebelumnya, panitia seleksi pengadaan pegawai BLUD non-ASN RSUD dr. Iskak telah menetapkan 285 orang, dari 4.343 pelamar. Para pegawai baru ini akan ditempatkan di beberapa posisi, seperti tenaga dokter spesialis, perawat, farmasi, tenaga teknis, serta tenaga administrasi.

Mereka diterima telah menjalani serangkaian seleksi yang ketat; mulai dari mengajukan surat lamaran dengan sejumlah persyaratan, mengikuti seleksi kompetensi dasar, wawancara, serta screening kesehatan.

Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Mochamad Rifai, S Kep,Ners.MH.Kes, mengatakan, orientasi untuk pegawai baru ini berlangsung bertahap.

”Kami menerapkan protokol kesehatan, jadi orientasi dibatasi hanya 60 orang saja untuk satu ruangan orientasi,” terangnya, Jumat, 19 Maret 2021.

Dijelaskan, ruangan yang dimiliki RSUD dr. Iskak terbatas, tidak mumpuni jika digelar orientasi pegawai baru dalam jumlah banyak di satu ruangan, apalagi di atas 100 orang. Oleh karenanya, pembekalan dipilih bertahap atau bergelombang..

Pertimbangan lain, pembatasan jumlah peserta orientasi dimaksudkan sebagai upaya mencegah/memtus rantai penularan virus corona. Untuk itu, setiap pegawai baru juga diwajibkan untuk swab test atau PCR (polymerase chain reaction).

Jika hasil test negatif, maka pegawai baru diperbolehkan mengikuti masa orientasi. Sedangkan yang positif COVID-19, mereka harus menjalani masa isolasi terlebih dahulu hingga sembuh.

Alhamdulillah, sampai hari ini, tidak ada yang positif,” terang Rifai.

”Mulai hari Senin (15 Maret 2021), pegawai baru sudah dilakukan swab test, hari Selasa (16 Maret 2021) langsung menjalani orientasi, Kamis (18 Maret 2021) dilakukan swab test, dan hari ini gilirannya (kegiatan) orientasi dan pembekalan” imbuhnya.

Materi yang diterima pegawai baru non-ASN ini sebagai berikut; keselamatan pasien, PPI (Pencegahan dan Pengenalian Infeksi), PPGD (Pelatihan Penanggulangan Gawat Darurat), komunikasi efektif, dan dasar-dasar kerja i rumah sakit.

”Setelah training dasar-dasar bekerja di rumah sakit, para pegawai baru menjalani orientasi sesuai bidangnya masing-masing, seperti dokter, perawat, apoteker, dan lain sebagainya,” kata Rifai melanjutkan.

Rifai mengatakan, dalam pengadaan pegawai non-ASN ini sebenarnya dibutuhkan sarjana dari jurusan D4 PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit), akan tetapi hingga hari terakhir pendaftaran tidak ada satu pun yang mendaftar. ”Kami memaklumi tidak adanya pelamar dari jurusan D4 PKRS, karena termasuk jurusan baru. Informasinya baru tahun ini ada yang wisuda jurusan tersebut,” ujar Rifai. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119