Bijak Mengolah Limbah Masker Medis di Rumah

Bijak Mengolah Limbah Masker Medis di Rumah

PANDEMI COVID-19 seakan ‘memaksa’ semua orang untuk menggunakan masker saat beraktivitas di ruang publik. Tak heran kondisi ini membuat para perajin masker berlomba-lomba untuk membuat aneka jenis masker.

Dari sekian banyak jenis masker, masker medis adalah jenis masker yang paling umum dan banyak diminati oleh masyarakat. Selain praktis karena hanya digunakan sekali pakai, masker jenis ini juga membuat nyaman penggunanya karena tidak membuat engap atau kesulitan bernafas.

Namun ingatlah. Membuang masker medis tak boleh sembarangan. Sebab jika tidak menerapkan pola hidup higienis, dikhawatirkan sampah masker yang ditaruh/buang sembarangan akan menjadi sumber penularan virus SARS-CoV-2.

Penanggungjawab Instalasi Mikrobiologi Klinik RSUD dr Iskak Tulungagung, dr. Rendra Bramanthi Sp. MK (K) mengatakan, jika di layanan fasilitas kesehatan (fasyankes), masker-masker medis ini akan masuk pada proses insenerator (pembakaran), sehingga tidak menimbulkan sumber penularan.

“Karena masker ini masuk dalam limbah infeksius atau berpotensi menjadi sumber penularan suatu virus. Untuk itu harus melalui proses pembakaran,” jelasnya.

Rendra menambahkan, ada beberapa cara tepat untuk membuang masker medis di rumah, yakni dengan merusak dan membungkus masker tersebut supaya tidak menjadi sumber penularan virus.

“Ini juga untuk mencegah adanya daur ulang masker. Karena masker medis digunakan satu kali pakai,” terangnya.

Pria berkacamata ini pun membagikan tips bagaimana membuang masker medis yang tepat.

Pertama lepaskan masker dan pastikan tangan tidak menyentuh bagian dalam masker. Selanjutnya lipat masker menjadi dua hingga tiga bagian. Pastikan bagian dalam masker tetap berada di dalam lipatan. Ini untuk mencegah doorplet yang menempel akan beterbangan.

Kedua, disinfeksi masker. Semprot seluruh bagian masker dengan disinfektan ataupun hand sanitizer agar virus dan kuman yang menempel mati.

Selanjutnya, langkah ketiga adalah merusak bagian masker. “Ini dapat dilakukan dengan cara menggunting ataupun merobeknya,” urainya.

Jika masker sudah dalam kondisi rusak, masukkan dalam sebuah wadah plastik dan buang ke tempat sampah. Terakhir, pastikan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun cuci tangan setelah membuang masker. Jika tidak memungkinkan, dapat dilakukan dengan mencuci tangan menggunakan hand sanitizer. “Ini untuk menjaga agar tangan tetap steril,” tandasnya. (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119