Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Bincang Ramadan RSUD dr. Iskak Bersama K.H. Muhson Hamdani, M.Sy

Bincang Ramadan RSUD dr. Iskak Bersama K.H. Muhson Hamdani, M.Sy

MEMASUKI hari ke-10 puasa bulan Ramadhan 1442 penuh berkah ini, tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD dr. Iskak Tulungagung menyiarkan talk show interaktif tak seperti biasanya.

Kali ini membahas tentang seputar puasa Ramadhan dengan topik enam perkara yang dirahasiakan oleh Allah SWT.

Narasumber yang diundang yakni, K.H. Muhson Hamdani, M. Sy, pengasuh PPHM Sunan Kalijaga, sekaligus Rais Syuriah PCNU Tulungagung.

“Kegiatan yang serupa akan dilaksanakan setiap hari Kamis selama bulan Ramadhan,” kata Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Mochamad Rifai, S Kep, Ners. MH.Kes.

Menurutnya, serangkaian kegiatan yang bernuansa spiritual keagamaan ini, bertujuan untuk meningkatkan kesehatan rohani. Karena orang sehat tidak hanya untuk jasmani saja namun rohani juga perlu.

“Untuk memanfaatkan bulan suci ini, sejak hari pertama puasa kegiatan edukasi spiritual lebih banyak dilaksanakan, termasuk pada hari ini,” ujarnya dalam acara talk show yang disiarkan secara langsung di akun YouTube, Facebook, Instagram RSUD dr. Iskak, pada Hari Kamis, 22 April 2021.

Selanjutnya, K.H. Muhson Hamdani, M.Sy menjelaskan, seluruh isi alam semesta sebenarnya dirahasiakan oleh Allah SWT dari hamba-Nya. Tetapi ada enam perkara yang di rahasiakan, agar hamba-Nya bersungguh sungguh dan melakukan ketaatan kepada-Nya.

“Dalam hal ini, saya mengambil dari dawuhnya Umar bin Khattab RA yang berkata, sesungguhnya, Allah merahasiakan enam perkara dibalik enam perkara,” katanya. 

Perkara yang pertama, Allah merahasiakan ridha-Nya di balik ketaatan hamba-Nya.

Misalnya, seseorang melakukan amal yang besar belum tentu mendapatkan keridhaan-Nya. Terkadang amal kecil dan sepele, boleh jadi malah mendapatkan ridha-Nya.

“Kunci dari keinginan kita kan berharap ridha-Nya, nah jalan menuju kesana itu kan ketaatan. Taat seperti apa yang dapat menyebabkan keridhaan-Nya? Itu tidak ada yang mengetahuinya,” terangnya.

Perkara kedua, Allah SWT menyembunyikan murka-Nya terhadap hamba-Nya yang melakukan kemaksiatan. Artinya jangan pernah meremehkan perbuatan dosa kecil maupun besar.

Perkara ketiga, yaitu Allah menyembunyikan datangnya malam kemuliaan Lailatul Qadar. Rahasia ini agar hamba-Nya bersungguh-sungguh beribadah sepanjang bulan suci Ramadhan.

“Malam kemuliaan ini pasti turun jadi tidak perlu dicari cari lagi. Dengan catatan hamban-Nya harusnya bersungguh-sungguh menjalankan ibadahnya dari awal sampai akhir selama bulan puasa,” ujarnya.

Berikutnya, Allah merahasiakan datangnya ajal (kematian) di balik umur hamba-Nya. Artinya hamba-Nya wajib senantiasa menjaga Iman dan Islamnya setiap detik, dan lakukanlah sesuatu yang baik jangan pernah mengundangnya.

“Tidak ada yang tahu akan kematian dibalik usia seseorang. Seberapapun usianya baik muda maupun tua dan sakit maupun tidak tetap saja pantas,” ujar K.H. Muhson.

Dan yang ke lima ialah Allah merahasiakan datangnya waktu sholat Wustha dan terakhir Allah merahasiakan wali-Nya di antara manusia, artinya di antara hamba-Nya pasti ada wali-wali-Nya.

“Artinya kita tidak boleh meremehkan orang di sekitar kita, bisa jadi mereka adalah Wali Allah,” tuturnya “Justru dengan kemisterian ini, maka akan membuat seseorang tidak menjadi sombong, tapi juga tidak membuat kecil hati karena masih ada kebesaran Tuhan,” kata KH Muhson di akhir talkshow. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119