Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Cantik Saat Pernikahan, Yuk Lakukan Perawatan Ini!

Cantik Saat Pernikahan, Yuk Lakukan Perawatan Ini!

CALON mempelai wanita menjelang pernikahan biasanya berkeinginan untuk berpenampilan menarik dan sesempurna mungkin guna menyambut hari bahagianya.

Tak heran, beragam perawatan khusus pun dilakukan jauh sebelum hari-H perayaan pesta pernikahan untuk mencapai hasil kecantikan yang diinginkan, seperti program diet, perawatan kulit wajah agar menjadi halus dan bersinar.

Akan tetapi, jika dalam menjalankan program perawatan tubuh maupun wajah yang salah, hal ini justru akan menimbulkan banyak permasalahan jelang pelaksanaan pernikahan.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Marta Dwi Rifka, Sp. KK. mengatakan, jelang pernikahan biasanya calon pengantin justru banyak mengalami banyak permasalahan yang timbul pada wajah. Hal ini tentu menimbulkan rasa kurang percaya diri pada perempuan.

“Permasalah kulit wajah biasanya adalah munculnya bintik-bintik komedo, kulit wajah kering dan terlihat kusam, namun yang paling banyak dialami oleh calon pengantin yakni tumbuh jerawat,” paparnya.

dr. Marta menjelaskan, mengapa permasalahan kulit wajah paling banyak justru tumbuh jerawat, padahal untuk menjadi lebih cantik seseorang wajah tanpa adanya jerawat sebutir pun.

“Jerawat tumbuh itu karena calon pengantin wanita biasanya mengalami stres yang berlebih, sehingga dalam keadaan banyak pikiran makan tubuh akan banyak memproduksi hormon korsitol,” jelasnya.

Karena pengaruh dari stres yang cukup tinggi, maka tubuh akan terus memproduksi banyak hormon korsitol. Dampaknya, yaitu jerawat menjadi tumbuh subur di permukaan kulit wajah.

“Tidak bisa dipungkiri, jelang pernikahan berlangsung banyak sekali yang harus difikirkan, baik untuk mempersiapkan perlengkapan, susunan acara dan lainnya,” jelas dr. Marta

“Biasanya kondisi seperti ini perempuan pasti mempunyai stres tersendiri, nah di situlah hormonal yang menyebabkan jerawat menjadi tumbuh,” terangnya

Selanjutnya, dr. Marta memberikan tips sederhana untuk mengatasi permasalah kulit berjerawat hanya dengan istirahat yang cukup dan mengurangi stres.

“Cara ini berlaku untuk wanita yang mempunyai wajah tanpa adanya jerawat wajah sebelumnya. Artinya, bukan jenis kulit yang berjerawat,” jelasnya

Selain kulit wajah berjerawat, permasalahan lainnya datang adalah kulit wajah menjadi kering dan kusam, sehingga membuat penampilan terkesan tidak terawat dengan baik.

“Kulit kering dikarenakan calon pengantin dalam menjalankan program diet yang salah, artinya membatasi makan tapi tidak seimbang sehingga asupan gizi yang ideal pun berkurang. Hal itu pasti akan mempengaruhi kualitas kulit wajah,” paparnya

Untuk mengatasi masalah kulit wajah berjerawat, kulit kering dan kusam bisa dilakukan pencegahan jauh-jauh hari sebelum jelang pernikahan.

“Perawatan melalui pelayanan kesehatan yang ideal bisa dilakukan 6 bulan sebelum hari H, untuk mengantisipasi masalah yang mungkin saja terjadi nantinya,”tuturnya

Kalaupun calon pengantin ingin melakukan perawatan secara mandiri di rumah, caranya cukup sederhana: mengurangi stres, hindari penggunaan make up, menjaga kebersihan dengan lebih sering cuci muka atau dengan masker, menjaga kualitas istirahat, mengonsumsi air putih, buah dan sayur yang cukup.

“Cara tersebut harus dilakukan rutin setiap hari. Dan saran kami periksalah kulit wajah Anda di pelayanan kesehatan supaya mendapatkan hasil yang maksimal dan terukur dalam menjalankan program kesehatan kulit wajah sesuai dengan kebutuhan kulit,” tuturnya. “Jika ada masalah yang timbul sebaiknya segeralah konsultasikan kepada ahlinya,” tutupnya. (PKS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119