Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Cara Mendapat Pelayanan Murah di Poli Eksekutif

Cara Mendapat Pelayanan Murah di Poli Eksekutif

RSUD dr Iskak terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya melalui produk jasa layanan ‘Poli Eksekutif’.  Label eksekutif sengaja disematkan karena poli ini merupakan pelayanan kesehatan dokter spesialis yang lebih baik dari poli umum.

Sebuah produk jasa pelayanan medis rawat jalan dengan standar pelayanan yang cepat dan paripurna.

Di poli eksekutif, pasien bisa memilih dokter spesialis yang dikehendaki. Misal untuk poli jantung. Ada beberapa dokter spesialis yang praktek, dengan jam praktek berbeda.

Hingga saat ini, tercatat ada 45 dokter spesialis yang melakukan praktek di poli eksekutif. Jasa pelayanan mereka tersebar di 10 ruang perawatan paviliun yang terletak di lantai satu gedung Graha Hita Husada.

Pelayanan di poli eksekutif tentu memiliki keistimewaan dibanding poli umum, yakni antrian yang tidak terlalu panjang. Pasien juga bisa memilih kapan ingin berobat atau menjalani rawat jalan sesuai jadwal praktek dokter spesialis yang dikehendaki.

Biaya yang harus dikeluarkan pasien untuk berobat jalan di poli eksekutif memanglah sedikit lebih tinggi dibanding standar bea pelayanan sejenis yang berlaku di poli umum. Terutama untuk pasien yang memilih pembiayaan mandiri, tanpa dukungan asuransi ataupun BPJS.

Namun stigma mahal itu kini pudar seiring terjalinnya kesepakatan kerjasama RSUD dr Iskak dengan BPJS Kesehatan, yang ditandai dengan penandatanganan MoU antarkedua lembaga di ruang Graha Hita Husada pada 25 Maret 2019, tentang penyelenggaraan jasa pelayanan kesehatan di poli eksekutif. Kerjasama antara BPJS dengan poli eksekutif RSUD dr. Iskak ini berlaku efektif sejak 1 April 2019.

Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto, Sp.B, M.Kes dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tulungagung, Indrina Darmayanti bersama menunjukkan piagam kerjasama pelayanan kesehatan poli eksekutif di Graha Hita Husada, RSUD dr. Iskak, Tulungagung

Dengan skema BPJS Kesehatan ini, pasien cukup membayar Rp 150 ribu dan sudah bisa mendapat semua fasilitas pelayanan poli eksekutif secara paripurna. Termasuk obat, pemeriksaan laboratorium (jika diperlukan) serta tindakan lainnya.

Jikapun dalam pemeriksaan, pasien di haruskan diperiksa oleh dokter lainnya, maka pasien tidak perlu membayar lagi untuk biaya pemeriksaan.

Bandingkan jika pasien memilih skema pembayaran secara mandiri atau tanpa perlindungan BPJS Kesehatan atau asuransi lainnya.

Untuk pendaftaran saja pasien akan dikenakan tarif sebesar Rp 80 ribu. Biaya yang dikeluarkan tidak mencakup biaya untuk menebus obat yang diresepkan. Dan bila pasien diperiksa ke dua dokter spesialis, maka pasien harus membayar biaya 2 x Rp 80 ribu.

Direktur RSUD dr Iskak dr Supriyanto memastikan, meski ada perbedaan akomodasi antara peserta reguler dan eksekutif, perlakuan yang didapatkan pasien masih sama. Yang membedakan, pasien di poli eksekutif bisa memilih dokter spesialis dan ruangan ber-AC. Fasilitas ini tidak didapatkan pasien peserta BPJS reguler.

“Ini memang sesuai hak dan kewajiban pasien yang kami berikan. Namun dengan catatan tidak sampai memberatkan pasien,” kata Dokter Pri, panggilan akrab dr. Supriyanto.

Adanya sharing biaya ini, kata Dokter Pri, sudah dihitung dan didiskusikan panjang dengan pihak BPJS, sehingga pasti semua terkendali dengan baik, ini merupakan subsidi silang.

“Bagaimanapun, kami tetap akan memberikan pelayanan yang terbaik dengan mengedepankan prinsip pelayanan yang murah (low cost), berkualitas tinggi/terbaik (high quality) dan berkarakter sosial (social responsibility),” tutup Dokter Pri. (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119