Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Catat! Tips Mencegah Serangan Stroke Datang Lagi

Catat! Tips Mencegah Serangan Stroke Datang Lagi

MENJALANI rehabilitasi atau terapi pasca stroke sedini mungkin bisa menjadi kunci menuju kesembuhan. Proses (rehabilitasi) ini penting, sebab tujuan utama terapi yang diharapkan tentunya adalah agar si pasien bisa menjalani aktvitas seperti sedia kala.

Tapi sebelum membahas urgensi terapi pasca stroke, perlu dipahami dulu bahwa stroke bisa menyerang seorang penderita hipertensi hingga beberapa kali.

Orang yang pernah terkena stroke, bisa mengalami stroke untuk kedua kali, ketiga kali, hinga kesekian kali.

Oleh karenanya, sebelum serangan kedua terjadi, pasien sebaiknya mengubah pola makannya sehari-hari agar tubuh tetap bugar dan sehat.

Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi RSUD dr. Iskak, dr. Wahyu Sita Wardani, Sp.KFR menjelaskan, serangan stroke kedua biasanya bisa lebih ganas. Berbagai kasus yang ditemui bisa menyebabkan pasien meninggal dunia.

”Serangan stroke kedua bisa membikin organ tubuh yang sebelumnya terganggu menjadi lebih parah,” katanya.

Dijelaskan, penanganan pasien pasca stroke ini harus hati-hati. Sebab jika pasien stroke sering marah-marah karena tidak bisa mengendalikan emosinya, maka dikhawatirkan bisa meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, mengontrol tekanan darah menjadi sangat penting. Jika pasien sering terkena tekanan darah tinggi, maka risiko terkena stroke bisa menjadi kali lipat hingga lebih.

”Hal itulah yang bisa memicu serangan stroke berikutnya,” ujarnya.

Dokter Sita menambahkan, pencegahan serangan stroke dengan mengontrol faktor risiko penyebab stroke yaitu bekerja sama dengan dokter spesialis saraf. Hal itu untuk mengetahui faktor risiko yang bisa diubah atau tidak bisa diubah.

”Bisa kontrol gula darah, tergantung dengan penyenyakit penyerta si pasien,” kata dia.

Salah satu cara pencegahan serangan stroke lainnya adalah dengan memperhatikan pola makan. Misalnya,  mengurangi makanan yang berlemak, makanan dengan kandungan gula yang tinggi, makanan instan, makanan dengan kandungan garam berlebih, serta tidak meminum minuman beralkohol.

”Pasien stroke dianjurkan makan sayur-sayuran, kacang-kacangan dan memperbanyak minum air putih,” terang dokter Sita.

Dari berbagai penelitian, dokter Sita mengatakan kebiasaan merokok juga harus dihentikan, karena menyebabkan penggumpalan darah. Pasien stroke juga dianjurkan olahraga ringan agar tubuh secara rutin bergerak.

”Paling penting juga adalah dukungan keluarga, agar pasien tidak cepat putus asa menghadapi kenyataan,” tandasnya.

Sementara itu, pelayanan rehabilitasi pasca stroke di RSUD dr. Iskak menawarkan inovasi home care, yakni pelayanan di rumah oleh perawat. Pasien, atau keluarga/kerabat pasien cukup menghubungi PSC-119 di (0355) 320-119 atau di nomor whatsapp 082-230-094-119 dan menyampaikan permintaan untuk mendapatkan layanan home care, maka perawat akan datang untuk melayani kebutuhan pengobatan sakit anda di rumah. Berikutnya, pasien stroke yang membutuhkan kontrol, bisa di Poli Saraf dan Poli Rehab Medik. Tidak perlu antre, karena bisa mendaftar secara online di aplikasi Si Poetri (Sistem Informasi Pendaftaran Online Tanpa Antri). (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119