Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

CEGAH KESALAHAN PROSEDUR DI RSUD DR ISKAK TULUNGAGUNG

Sebagai rumah sakit rujukan di Propinsi Jawa Timur, jumlah kunjungan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung cukup tinggi. Berbagai kasus dan latar belakang pasien masuk setiap hari dan membutuhkan pelayanan cepat.

Karena itu, penanganan cepat dan tepat sesuai standar operasional menjadi kebutuhan yang tak bisa ditawar. Selain kecermatan mengidentifikasi kasus, pemberian tindakan medis yang sesuai dan terukur oleh dokter menjadi kunci keberhasilan layanan rumah sakit ini.

“Agar semua itu berjalan sesuai standar operasional, evaluasi kasus dan tindakan perlu dilakukan untuk menjaga mutu pelayanan,” kata dr Evit Roespiono Sp JP saat memimpin laporan pagi atau morning report di RSUD dr Iskak Tulungagung, Senin 3 September 2018.

Dalam morning report ini, setiap tenaga medis di seluruh ruangan wajib melaporkan hal-hal yang terjadi di wilayah kerja mereka. Tak hanya menghitung jumlah pasien yang masuk, mengenali profil penyakit juga menjadi obyek pembahasan morning report.

Kegiatan yang dilakukan rutin selama dua kali dalam sepekan ini melibatkan para dokter jaga, dokter umum, serta peserta program pendidikan dokter spesialis (PPDS). Diantaranya adalah pendidikan dokter spesialis penyakit dalam, jantung, dan sebagainya.

“Dalam setiap morning report, kita membahas kasus baru yang masuk, serta mempelajari profil penyakit yang ditangani,” kata dr Evit.

Tak hanya itu, kegiatan morning report ini juga untuk mengetahui type pasien yang masuk, memastikan penanganan sesuai standar operasional atau tidak, serta mengevaluasi dan memperbaiki tindakan yang kurang tepat.

Pembahasan yang dilakukan di forum ini juga sangat detil, yakni potensi terjadinya morbiditas atau terkena penyakit, jumlah kasus pada populasi, cacat akibat kecelakaan, serta mortalitas atau kematian. Pentingnya materi dalam pembahasan morning report ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan para dokter dan tenaga medis lain di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Meski belum mendekati standar ideal, morning report ini sudah cukup membantu mengetahui profil penyakit di bidang masing-masing. “Terlebih lagi beban pekerjaan Supervisor sudah cukup tinggi,” kata dr Evit.

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119