Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini.

Demi Lindungi Keluarga Nakes, RSUD dr. Iskak Vaksinasi 280 Anak SDM Kesehatan

Demi Lindungi Keluarga Nakes, RSUD dr. Iskak Vaksinasi 280 Anak SDM Kesehatan

MENUTUP mata dengan telapak tangan, berpegangan pada sang ibu, bahkan beberapa tampak menahan tangis karena ketakutan.

Begitulah ekspresi anak-anak yang rata-rata berusia antara 12-17 tahun ini ketika mengikuti kegiatan vaksinasi COVID-19 di lantai 1 gedung Graha Mandiri RSUD dr Iskak Tulungagung.

Meskipun tampak ketakutan, tak sedikit dari mereka yang menunjukkan ekspresi ceria. Meringis tapi gembira.

Bahkan banyak dari mereka yang kemudian meminta berswafoto dengan para vaksinator yang bertugas sembari mengacungkan jempol.

“Ya namanya juga anak-anak, ada-ada saja ulah mereka,” begitu guyonan para petugas vaksinator ini sembari tetap menyelesaikan tugasnya.

Pagi itu, RSUD dr Iskak memang menggelar vaksinasi khusus untuk anak usia 12-17 tahun. Pesertanya semua merupakan anak dari tenaga kesehatan (nakes) dan seluruh sumber daya manusia bidang kesehatan (SDMK) di lingkup RSUD dr Iskak Tulungagung.

Dengan menyasar sekitar 280 anak, kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini berjalan tanpa sedikitpun kendala.

Semua lancar hingga usai. Tak satupun anak peserta vaksinasi yang mengalami KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi).

“Hari ini ada sebanyak 280 anak mengikuti vaksinasi COVID-19. Jumlah ini dari total SDMK kami sebanyak 1.900 orang,” jelas Kasi Pemasaran dan Informasi Mochammad Rifai.

Rifai mengatakan, pemberian vaksinasi bagi anak ini sejalan dengan program pemerintah pusat dan daerah untuk mengejar kekebalan kelompok (herd immunity).

Imunisasi yang menyasar kelompok anak usia remaja ini bukti komitmen dari RSUD dr Iskak untuk memberikan perlindungan bagi nakes dan keluarganya.

Tak hanya itu, vaksinasi anak ini juga bentuk dukungan untuk membantu melakukan vaksinasi secara masif. Ini berkaitan adanya rencana untuk dimulainya pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) yang akan segera dimulai.

“Karena saat ini di desa maupun di kecamatan juga ada vaksinasi secara masif yang mulai menyasar usia anak. Kami pun membantu dengan melakukan penyisiran bagi anak-anak yang belum tervaksinasi,” terangnya.

Sama seperti vaksinasi pada usia dewasa, vaksinasi pada anak ini menggunakan vaksin Sinovac.

Alur vaksinasi pun dimulai dari meja pendaftaran dan berlanjut pada pemeriksaan kesehatan (screening). Semua yang lolos pemeriksaan, segera dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin. Dan usai mendapatkan vaksin, setiap peserta wajib untuk istirahat sekitar 30 menit untuk memastikan anak-anak ini tidak mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI. (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119