Depo Farmasi Graha Mandiri. Fasilitas Kefarmasian Khusus Pasien Rawat Inap Graha Mandiri

DEPO Farmasi yang ada di Graha Mandiri (GM) RSUD dr. Iskak Tulungagung dibentuk untuk menyediakan pelayanan kefarmasian khusus pasien yang melakukan rawat inap di Graha Mandiri.

Penyediaan layanan ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Salah satunya dengan pelayanan kefarmasian/obat agar dapat cepat dilakukan.

“Depo Farmasi Graha Mandiri ini memang difokuskan untuk pelayanan farmasi/obat khusus untuk pasien rawat inap (ranap) yang ada di Graha Mandiri di semua lantai,” terang Kepala Instalasi Farmasi RSUD dr. Iskak Tulungagung, Binti Muzayyanah, M.Farm. Klin.  Apt.

Depo Farmasi ini beroperasi 24 jam. Fasilitas ini memberikan pelayanan obat yang meliputi, pelayanan pasien selama melakukan rawat inap hingga selesai serta pelayanan kemoterapi yang di lantai 5.

Bicara soal alur pelayanan yang diberikan, tentu tidak jauh berbeda dari Instalasi Farmasi lainnya. 

Alur pelayanan dimulai oleh apoteker dari masing-masing lantai perawatan yang akan melakukan telah resep.

Jika resep yang ditulis sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, maka resep akan diserahkan ke Depo Farmasi Graha Mandiri.

Kemudian, petugas Depo Farmasi Graha Mandiri ini melayani sesuai dengan resep yang dibutuhkan.

Setelah proses pelayanan resep, maka akan didistribusikan kembali ke ruangan perawatan pasien.

“Namun khusus untuk obat injeksi, setelah diproses oleh apoteker, tidak akan didistribusikan ke ruang rawat inap. Tetapi, obat injeksi tersebut akan diproses ke dalam Ruang Unit Sterilisasi Farmasi untuk selanjutkan dilakukan oplos atau pencampuran sesuai prosedur,” sambungnya.

Untuk selanjutnya, barulah akan didistribusikan ke ruangan rawat inap sesuai dengan dosis yang dibutukan dan diberikan dalam bentuk spuit.

Berlokasi di lantai 1 Graha Mandiri, di dalam Depo Farmasia Graha Mandiri ini dioperasikan 12 orang. Mereka terdiri dari tenaga apoteker, teknis kefarmasian, administrasi serta porter.

Jumlah tenaga ini di luar tenaga apoteker yang tersedia pada masing- masing lantainya. Dengan menempati ruangan seluas 20 meter persegi, untuk saat ini sudah dapat memenuhi kebutuhan farmasi pasien di Graha Mandiri. (HUMAS/KAR)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?