Dokter Pri Ajak Warga Tetap Waspada meski Tren Kasus COVID-19 Menurun

Dokter Pri Ajak Warga Tetap Waspada meski Tren Kasus COVID-19 Menurun

SETELAH mengalami lonjakan kasus COVID-19 pada kurun Juli-Agustus 2021, angka kasus akibat wabah Corona di Kabupaten Tulungagung terus menurun. Bahkan, dalam sebulan terakhir jumlah kasus positif per hari tidak lebih dari 5 orang/kasus.

Kendati tren kasusnya membaik atau positif, Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B M.Kes tetap mengimbau masyarakat tetap waspada.

Hal ini tak lepas dari fakta akan rasio penularan COVID-19  di beberapa negara justru mengalami kenaikan. Bahkan telah bermunculan berbagai varian baru dari virus SARS-Cov-2.

“Kita mulai harus bisa membiasakan diri untuk berdampingan dengan virus ini. Artinya harus tetap waspada, namun jangan terlalu takut apalagi kendor terhadap kesehatan,” ujarnya.

Supriyanto mengatakan, dengan kondisi seperti saat ini sudah saatnya untuk ‘berdamai’ dan mulai hidup berdampingan dengan COVID-19. Segala lini aspek harus dapat beradaptasi, salah satunya dibidang kesehatan.

Untuk layanan kesehatan, lanjut Supriyanto RSUD dr Iskak telah menyiapkan pelayanan kesehatan secara paripurna dengan mengintegrasikan pelayanan pre hospital, intra hospital, inter hospital, dan post hospital melalui platform Public Safety Centre (PSC).

“Layanan ini memanfaatkan teknologi informasi dengan telemedicine, sehingga tidak akan terpengaruh jarak, ruang, dan waktu,” terangnya.

Meskipun ada layanan telemedicine, masyarakat pun tidak perlu takut untuk datang ke rumah sakit. Sebab kendatipun sudah ada penurunan pasien, penerapan skrining terhadap pasien masuk tetap diberlakukan.  Hal ini dimaksudkan agar alur layanan pasien non-COVID-19 dengan pasien COVID-19 bisa dipisahkan sejak dini.

“Ragam layanan yang kami tawarkan ini harapannya supaya menjawab kebutuhan masyarakat. Bila memang tidak bisa datang masih bisa memanfaatkan home care. Akan tetapi bila harus datang ke RS, masyarakat juga tidak perlu takut,” imbuhnya.

Supriyanto pun berpesan agar masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, mengurangi mobilitas, dan menjahui kerumunan.

Tak lupa, masyarakat juga untuk segera mengikuti vaksinasi COVID-19. Hal ini sebagai bentuk perlindungan diri dan juga kelompok, karena dengan mengikuti vaksinasi secara lengkap dapat mengurangi angka kesakitan COVID-19.(PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119