Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

DOKTER TULUNGAGUNG SUKSES PIMPIN TIM MEDIS ASIAN GAMES 2018

Dr. Bobi Prabowo, Sp. Em. Kepala Instalasi Gawat Darurat RSUD Dr. Iskak Tulungagung menerima penghargaan Menteri Kesehatan di Jakarta.

Ajang olah raga Asian Games dan Asian Para Games 2018 menuai sukses besar. Indonesia dinilai mampu menjadi penyelenggara sekaligus tuan rumah yang baik oleh delegasi berbagai negara.

Namun siapa sangka di balik kesuksesan event besar itu terdapat peran penting putra Tulungagung?

Dia adalah Dr. Bobi Prabowo, Sp. Em. Kepala Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Iskak ini adalah orang yang dipercaya melatih 1.500 tenaga medis tim kesehatan Asian Games dan Asian Para Games 2018. “Saya diminta Kementerian Kesehatan untuk melatih dan memimpin 1.500 dokter dan perawat yang bertugas di event itu,” kata Dr. Bobi.

Penunjukan Dr. Bobi Prabowo oleh Pemerintah Indonesia ini bukan tanpa alasan. Jabatannya sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Ahli Emergensi Indonesia (Perdamsi) mengukuhkan kemampuannya dalam menangani kondisi gawat darurat selama event besar itu berlangsung.

Menurut Dr. Bobi, persiapan membentuk dan melatih tim medis ini dilakukan cukup lama. Bahkan satu tahun sebelum event itu dilaksanakan, Dr. Bobi telah melakukan pelatihan terhadap 1.500 dokter dan perawat yang direkrut. “Kami persiapkan itu sejak tahun 2017,” katanya.

Kerja keras panjang itu tak sia-sia. Kinerja tim kesehatan panitia Asian Games dan Asian Para Games 2018 menuai apresiasi luar biasa dari peserta. Sejak dimulai hingga berakhirnya event perlombaan, tak ada satupun komplain atau insiden medis yang dialami para delegasi.

Sehingga tak berlebihan jika beberapa waktu lalu Menteri Kesehatan Dr. dr. Nila Djuwita F. Moeloek SpM mengundang Dr. Bobi Prabowo ke Jakarta. Bersama panitia yang lain, Dr. Bobi menerima Piagam Penghargaan dan Pin khusus dari Menteri Kesehatan atas prestasinya mengharumkan nama Indonesia.

Tak hanya membanggakan Indonesia, prestasi yang diraih Dr. Bobi Prabowo ini sekaligus melambungkan institusi RSUD Dr. Iskak Tulungagung ke kancah nasional. Ini membuktikan bahwa prestasi besar tak harus dilakukan dari kota besar. “Ini era milenial, dimana semua orang punya kesempatan sama. Dokter jaman sekarang tak hanya dituntut berprestasi di profesinya, tetapi berinovasi dan mengembangkan kemampuan sesuai potensi lokal yang ada,” katanya.

Dia mencontohkan, sistem pelayanan kegawatdaruratan IGD RSUD Dr. Iskak saat ini telah menjadi percontohan nasional. Demikian pula inovasi paling mutakhir di bidang penanganan serangan jantung juga diapresiasi banyak pihak.

Inovasi bernama LASKAR (Layanan Syndroma Koroner Akut Terintegrasi) yang diperuntukkan menangani serangan jantung di IGD Dr. Iskak Tulungagung ini bahkan diklaim satu-satunya di Indonesia yang siap melakukan pemasangan ring dalam tata laksana penanganan jantung selama 7×24 jam alias non stop.

Tak hanya melibatkan tim medis RSUD Dr. Iskak, LASKAR juga menggaet petugas Puskesmas, Dinas Kesehatan, dan rumah sakit swasta untuk bersama-sama mengurangi resiko kematian serangan jantung di Tulungagung.

“Kecepatan tindakan sangat menentukan keberhasilan pengobatan. Makin cepat ditangani, maka tingkat keberhasilannya mencapai 100 persen,” kata Dr. Bobi. (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119