Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Dua Faktor Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

Dua Faktor Penyebab Keguguran pada Ibu Hamil

TAHUKAH Anda, keguguran pada ibu hamil ternyata tak melulu dipengaruhi kondisi si calon ibu. Namun juga bisa disebabkan oleh (kondisi sperma) lelaki yang menjadi pasangannya.

Untuk menganalisis kasus tersebut, dokter lebih awal akan melakukan upaya pemeriksaan medis pada pasangan laki-laki guna melihat kualitas dan kuantitas sel spermanya.

“Faktor yang mungkin menjadi penyebab keguguran, bisa karena faktor pria dan faktor wanita, dan pertama kali yang harus diperiksa adalah pasangan pria (suami), pemeriksaan yang dilakukan pertama kali adalah sperma analisa,” katanya.

Pada saat pemeriksaan sperma tersebut, nantinya akan didapat hasil yang menunjukkan kualitas dari sperma, apakah normal atau tidak. Hasil pemeriksaan lab juga akan didapat gambaran jumlah/kuantitas sperma, sekaligus diperoleh informasi perilaku dan gerakan sperma, apakah cepat atau lambat.

Hasil penelitian itulah yang nantinya menjadi dasar untuk pemeriksaan selanjutnya. “Mengetahui kualitas dan kuantitasnya sperma sangatlah mempengaruhi terjadinya keguguran. Kualitas sperma yang diperiksa akan diketahui berapa jumlahnya dan dari segi kuantitasnya bentuknya normal apa tidak. Sedangkan sperma normal itu gerakanya cepat tidak berputar,” paparnya.

Selain dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas, sperma kurang baik bisa juga disebabkan adanya kelainan dan gangguan pada pembulu darah sperma.

Penyebab lainnya, adalah karena faktor kegemukan badan yang dapat menganggu aliran darah di dalam sperma, sehingga menimbulkan reaksi panas akibatnya kualitas dan kuantitas sel sperma menjadi berkurang.

“Karena gemuk banyak memproduksi lemak yang bisa mempemgaruhi aliran darah maka sperma menjadi panas. Selain kegemukan adalah kebiasaan mengunakan celana ketat dan duduk terlalu lama. Jadi faktor-faktor cukup banyak yang harus di cek satu per satu,” terangnya

Dan yang tak kalah penting untuk diperhatikan penyebab keguguran dari sisi si perempuan/calon ibu.

Menurut penjelasan dr. Irfani, penyebab keguguran pada perempuan yang perlu diperhatikan adalah faktor siklus haid (tidak teratur), usia serta faktor adanya infeksi karena penyakit kronis. “Baik faktor dari laki maupun perempuan sangat berpengaruh pada penyebab keguguran. Supaya masalah keguguran segera teratasi sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya (pelayanan kesehatan) agar mendapatkan penanganan yang tepat,” tutur dr. Irfani Baihaqi. (PKRS/MFW)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119