Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Ekokardiografi atau USG Jantung. Apa Guna dan Manfaatnya?

Ekokardiografi atau USG Jantung. Apa Guna dan Manfaatnya?

SESUAI namanya, ekokardiografi atau USG jantung sebuah cara atau metode pemeriksaan  kondisi (kesehatan) jantung menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi (ultrasonic) untuk menangkap gambaran struktur organ jantung. 

Gambar yang dihasilkan dari pemeriksaan menggunakan perangkat ekokardiografi ini yang kemudian disebut ekokardiogram. Jadi, sederhananya, ekokardiogram yang diulas dalam artikel ini merupakan gambaran ultrasonografi jantung.

Tema tentang ekokardiografi/ekokardiogram atau USG jantung inilah yang kemudian menarik perhatian tim PKRS untuk mengulasnya dalam satu edisi talkshow interaktif yang rutin digelar setiap hari Senin dan Rabu.

Dengan mendatangkan salah satu dokter ahli jantung dan pembuluh darah andalan RSUD dr. Iskak,  dr. Fitranti, Sp.JP, masalah kesehatan jantung dan cara deteksi menggunakan perangkat ekokardiografi yang telah dimiliki rumah  sakit daerah milik Pemkab Tulungagung ini banyak diulas untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan organ jantung.

Edukasi ini dirasa semakin penting mengingat fakta lapangan yang menunjukkan fakta bahwa masih banyak orang yang kurang memperhatikan kesehatan jantung mereka.

Mereka (seakan) tidak peduli meski beberapa orang di sekitar mereka, termasuk kalangan pesohor (artis), bertumbangan meregang nyawa karena gangguan jantung.

Penyakit jantung masih menjadi penyakit yang paling mematikan di dunia. Posisinya sebagai pembunuh nomor satu di dunia tak tergoyahkan dari tahun ke tahun.

Ini membuktikan betapa seriusnya penyakit ini. Tanpa penanganan dan pengobatan yang tepat, penyakit jantung dapat berdampak fatal pada penderitanya.

“Menjaga kesehatan jantung ini dimulai dengan mengatur pola makan. Menjaga asupan makanan serta aktifitas fisik sesuai kebutuhan,” kata dr. Fitranti, Sp. JP memulai edukasinya..

Selain itu, lanjut dia, pemeriksaan medis secara berkala juga harus dilakukan untuk memastikan kondisi jantung kita prima.

”Salah satu cara untuk mendeteksi dini penyakit jantung itu adalah dengan melakukan tindakan ekokardiografi (EKG) atau USG (ultrasonografi) jantung,” terangnya.

Prosedur EKG atau USG ini dilakukan dengan menempelkan alat ke dada pasien. Alat yang dirancang khusus untuk menangkap gelombang ultrasonic tersebut selanjutnya dicitrakan ke layar monitor.

Hasil pemeriksaan menggunakan perangkat ekokardiografi atau yang kemudian disebut ekokardiogram di layar monitor inilah yang kemudian akan dibaca oleh dokter (spesialis jantung).

”Gambar frekuensi gelombang di monitor memberikan gambaran jantung yang sedang berdenyut,” paparnya.

Cara kerja yang mirip USG, sehingga pemeriksaan ekokardiografi disebut juga USG jantung. Di RSUD dr. Iskak, pemeriksaan ini bisa dilakukan di ruang treadmill.

Dokter Fitranti menambahkan, pemeriksaaan dengan ekokardiografi ini biasanya digunakan untuk pasien yang baru pertama kali menjalani pemeriksaan di Poli Jantung serta pasien yang menjalani program rawat inap.

”Misalnya bila pasien mengalami keluhan sesak nafas, jantung berdebar cepat, maka bisa diperiksa dengan USG jantung untuk deteksi dini” ujarnya.

Dan apabila hasil pemeriksaan USG jantung ditemukan kelainan pada organ tersebut, maka akan dilakukan penanganan medis lanjutan. Dikatakan, pemeriksaan ekokardiografi ini menjadi penting, karena bisa dilakukan kepada berbagai usia, mulai remaja hingga lansia. Tidak ada radiasi yang terjadi saat pemeriksaan USG jantung, sehingga memberikan rasa aman. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119