Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Genjot Kapasitas, RSUD Dr Iskak Akan Dibangun Vertikal

Genjot Kapasitas, RSUD Dr Iskak Akan Dibangun Vertikal

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo mendorong pertumbuhan Rumah Sakit Umum Daerah Dr Iskak menambah kapasitas ruangan. Ditargetkan rumah sakit ini akan dibangun hingga beberapa lantai untuk menampung masyarakat Tulungagung yang berobat.

Komitmen mendorong pertumbuhan RSUD Dr Iskak ini disampaikan Syahri Mulyo saat meninjau layanan instalasi jantung beberapa waktu lalu. Rumah sakit ini menuai plakat sebagai rumah sakit pemerintah pertama yang memiliki layanan pengobatan jantung setara Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta. “Rumah sakit pemerintah harus bisa bersaing dengan rumah sakit swasta,” kata Syahri Mulyo.

Untuk menampung lebih banyak pasien, Syahri berharap pengelola RSUD Dr Iskak merancang pengembangan bangunan ke atas (bertingkat). Ini untuk mensiasati keterbatasan perluasan areal yang dimiliki rumah sakit.

Pemerintah Kabupaten Tulungagung, lanjut Syahri, berkomitmen untuk menjamin kebutuhan layanan pengobatan masyarakat Tulungagung melalui rumah sakit ini. Dengan pengelolaan professional serta dukungan sumber daya dan infrastruktur modern, RSUD Dr Iskak juga telah menjadi rumah sakit rujukan di kawasan selatan Pulau Jawa. Keberadaan rumah sakit ini terbukti membantu layanan rujukan yang selama ini bergantung pada Rumah Sakit Dr Soetomo Surabaya dan Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

“Rumah sakit ini akan terus berkembang mengikuti kebutuhan zaman. Ke depan bangunannya akan dibuat bertingkat untuk mensiasati keterbatasan lahan,” kata Syahri Mulyo.

Sebelumnya RSUD Dr Iskak juga telah ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan yang bisa digunakan sebagai kampus sekaligus tempat praktikum bagi mahasiswa kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Direktur Jenderal Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan Dr.dr Ina Rasalina, SpA menyatakan RSUD dr Iskak telah memenuhi persyaratan administratif maupun infrastruktur sebagai rumah sakit pendidikan.

Hal ini mengacu pada hasil verifikasi serta audit pelayanan medis yang dilakukan oleh tim verifikasi yang dibentuk Kementrian Kesehatan secara bertahap sejak tahun 2007.

Hingga kini jumlah rumah sakit yang telah ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan baru 67 unit dari total 320 rumah sakit di seluruh Indonesia yang masuk daftar akreditasi Kementrian Kesehatan. Dengan penetapan RSUD dr Iskak sebagai rumah sakit pendidikan, akan memudahkan para mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang untuk belajar sekaligus praktikum langsung melayani penanganan berbagai penyakit yang dialami pasien rumah sakit.

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119