Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Haid Tidak Teratur Bisa Menyebabkan Keguguran

Haid Tidak Teratur Bisa Menyebabkan Keguguran

PEREMPUAN yang memiliki kondisi kesehatan normal pasti mengalami masa subur (menstruasi) yang berlangsung teratur setiap bulannya. Akan tetapi, terdapat pula suatu kondisi siklus haid tidak normal yang berdampak kurang baik pada proses berlangsungnya program kehamilan.

Ketidakteraturan siklus haid itu tentunya membuat sebagian kaum hawa yang mengalami, juga keluarganya, terkadang menjadi cemas.

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Irfani Baihaqi, Sp. OG, menjelaskan, siklus haid yang tidak teratur bisa memicu terjadinya keguguran. Berbeda halnya jika siklus haid normal, maka program kehamilannya pun biasanya akan berlangsung lancar.

“Siklus haid adalah suatu siklus yang terjadi pada wanita. Kita harus mengetahui terlebih dahulu, apakah siklus haidnya normal dan tidak normal,” katanya dr. Irfani dalam acara dialog interaktif di RSUD dr. Iskak.

Ada tiga indikator yang perlu diperhatikan untuk mengetahui suatu kondisi haid normal dan tidak normal pada perempuan, yakni dilihat dari siklus haidnya, jumlah atau banyak/sedikit cairan haid yang keluar serta durasinya (lama proses haid).

Dengan mengetahui siklus haid ini, dokter bisa menjadikannya sebagai tolak-ukur untuk menelusuri penyebab keguguran kehamilan sejak dini.

“Jadi, ketiga hal tersebut dapat dijadikan parameter untuk mengetahui seperti apa kondisi haid pada perempuan,” tandasnya.

Dokter Irfani menambahkan, siklus haid normal berlangsung selama 28 hari (yakni +/- 7 hari) atau 21 hari sampai 35 hari.

Sedangkan darah haid yang keluar banyaknya berkisar antara 60 cc – 80 cc, dengan penggunaan kurang lebih 3- 5 pcs pembalut per hari dan durasinya paling singkat 3 hari sampai dengan maksimal 10 hari.

Apabila tidak sesuai dengan kategori siklus haid normal diperkirakan terjadi masalah yang harus segera dikonsultasikan ke pelayanan kesehatan. “Supaya lebih mudah mengetahui apakah terjadi kelainan pada siklus haidnya maka seharusnya kita memahami terlebih dahulu dengan perhitungan 3 hal di atas tadi, begitu” jelasnya.  (PKRS/MFW)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119