Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Hari Diabetes Nasional: Lindungi Keluarga dari Diabetes

Hari Diabetes Nasional: Lindungi Keluarga dari Diabetes

HARI Diabetes Nasional diperingati setiap tanggal 18 April setiap tahunnya. Setiap masyarakat diajak untuk tetap waspada dan menjalankan pencegahan lebih dini, sehingga terhindar dari penyakit diabetes.

Dokter spesialis penyakit dalam RSUD dr. Iskak dr. Laksmi Wijayati, Sp. PD mengatakan, sebelum menderita diabetes yang disertai komplikasinya, maka lebih baik mencegahnya dengan pola hidup sehat.

”Diabetes bisa disebabkan dari kegemukan, kemudian terkena diabetes, bisa juga disertai penyakit komplikasi lainnya,” kata dokter Laksmi.

Jika sudah terkena diabetes dan komplikasinya, maka pengobatan semakin rumit dan memakan biaya yang tak sedikit.

Ia mengatakan, seseorang jika menderita diabetes disertai komplikasi seperti ginjal, maka bisa gagal ginjal, bahkan membikin stroke juga .

Hal itu disebabkan pembuluh darah yang tersumbat, maka penyakit komplikasi yang disebabkan diabetes menjadi lebih parah dan memunculkan penyakit-penyakit lainnya.

”Kalau bisa menarik ke belakang, pencegahan bisa dijalankan sebelum terkena obesitas atau kegemukan,” paparnya.

Ia menjelaskan, orang yang mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula berlebih, menyebabkan kegemukan. Nah, saat mengalami obesitas maka terjadi resistensi insulin.

Resistensi insulin yaitu kondisi ketika sel-sel tubuh tidak bisa menggunakan gula darah dengan baik karena terganggunya respon sel tubuh terhadap insulin.

Saat seseorang mengalami resistensi insulin, pankreas tetap memproduksi insulin, namun sel-sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa seperti biasanya.

Hal ini bisa menyebabkan penumpukan glukosa di dalam darah. Apabila sudah parah, maka bisa menyebabkan pre-diabetes, kemudian menjadi diabetes tipe 2.

”Masyarakat bisa belajar dari sini, sebelum terkena pre-diabetes, bisa melakukan pencegahan,” kata dia.

Selanjutnya, pola hidup sehat yang bisa dilakukan seperti banyak mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran, buah-buahan, lauk-pauk yang kadar gulanya tidak berlebihan. Kemudian, bisa dengan berolahraga dengan teratur. Ia menambahkan, seseorang yang belum termasuk penderita pre-diabetes, namun takut beresiko terkena diabetes sebaiknya lakukan cek gula darah secara rutin di pelayanan kesehatan atau rumah sakit terdekat. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119