Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini.

Ini Pesan Moral Busana Adat Nusantara di Puncak HUT RSUD dr. Iskak

Ini Pesan Moral Busana Adat Nusantara di Puncak HUT RSUD dr. Iskak

NUANSA berbeda tampak di RSUD dr. Iskak Tulungagung. Jika biasanya para tenaga kesehatan (nakes) mengenakan setelan jas putih maupun seragam hijau, kali ini mereka memilih mengenakan pakaian adat nusantara.

Kostum yang serba tradisional dengan tema keberagaman suku dan adat istiadat itu tak pelak membuat suasana rumah sakit tampak semarak.

Kemeriahan dan keragaman adat nusantara ini sebagai puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-104 RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Ragam baju adat dari berbagai daerah dan suku pun tampak mewarnai setiap sudut rumah sakit. Mulai adat Jawa lengkap dengan blangkon dan sanggul, hingga suku Dayak lengkap dengan tombak dan perisai khasnya.

Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B M.Kes mengatakan, pesan moral dari pengenaan pakaian/busana adat Nusantara pada peringatan HUT ini sebagai pengingat bagi seluruh civitas hospitalia, bahwa RSUD dr. Iskak ibaratnya Indonesia mini.

Artinya, dengan keanekaragaman bidang pelayanan, dan latar belakang karyawan tidak mengurangi RSUD dr. Iskak dalam memberikan layanan kesehatan yang optimal.

“Jadi meskipun kami ini terdiri dari berbagai struktural, bidang, dan juga kemampuan, namun tujuan kami sama, yaitu untuk memberikan layanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat,” jelasnya.

Pada momen peringatan HUT sendiri, Supriyanto mengenakan pakaian khas adat Banjar, Kalimantan Selatan yang berwarna putih silver, lengkap dengan hiasan kepala dan senjata yang menyerupai keris.

Usai mengikuti upacara dan rangkaian puncak peringatan HUT RSUD dr. Iskak, para nakes pun kembali pada tugasnya masing-masing. Dengan mengenakan pakaian adat, nuansa unik dan lekat dengan kebhinekaan tergambar di dalamnya.

Rangkaian peringatan HUT RSUD dr. Iskak dimulai sejak awal November lalu. Saat itu kegiatan diawali dengan ziarah dan tabur bunga di makam dr. Iskak. Setelah itu rangkaian acara dan lomba pun diadakan di internal RSUD dan masyarakat, seperti lomba cerdas cermat, pertandingan billiar, serta lomba foto herritage RSUD dr. Iskak bagi masyarakat. (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119