Isolasi Mandiri di Rumah? Jangan Khawatir. Dengan Layanan Home Care, Nakes Kami Siap Melayani ke Rumah Anda

Isolasi Mandiri di Rumah? Jangan Khawatir. Dengan Layanan Home Care, Nakes Kami Siap Melayani ke Rumah Anda

PANDEMI COVID-19 menunjukkan tren peningkatan kasus, termasuk di Tulungagung. Fenomena tersebut membikin jumlah pasien COVID-19 meningkat, baik yang menjalani isolasi mandiri atau perawatan di rumah sakit.

Lalu perawatan kesehatan seperti apa yang harus dilakukan untuk pasien yang isolasi mandiri di rumah?

Jangan khawatir. RSUD dr. Iskak menyediakan layanan home care, yakni perawatan kesehatan yang bisa dilakukan di rumah, atau pasien tanpa harus hadir secara fisik di rumah sakit.

Koordinator Tim Home Care RSUD dr. Iskak Tulungagung, Sunendar, S.Kep,NERS mengatakan, pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri bisa dikunjungi nakes (tenaga kesehatan) dengan memakai APD (Alat Pelindung Diri) level 3.

Layanan ini mencakup dengan dokter spesialis melalui telemedicine, pemeriksaan, swab PCR, hingga pemenuhan vitamin.

”Layanan Home Care memiliki 85 perawat, dokter spesialis, dokter umum, ada tambahan juga petugas ahli gizi dan fisioterapis,” terang Sunendar saat menjadi narasumber Ngopi Bersama RSUD dr. Iskak pada Senin 12, Juli 2021.

Layanan Home Care bisa diakses di nomor (0355) 320-119 atau nomor whatsapp 0822-230-094-119. Nantiya petugas akan melakukan screening awal untuk bertanya mengenai gejala dan kondisi pasien.

Petugas nakes juga mengimbau anggota keluarga pasien menerapkan protokol kesehatan (seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) saat pelayanan home care. ”Sebelumnya kami menjumpai anggota keluarga yang tidak taat prokes,” ujarnya.

Untuk saat ini, jangkauan layanan home care RSUD dr. Iskak paling jauh sampai ke Kecamatan Ngunut. Untuk kecamatan lain, seperti Rejotangan, Tanggunggunung, dan lainnya juga bisa mendapatkan layanan ini.

RSUD dr. Iskak bekerja sama dengan sejumlah puskesmas milik Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung untuk memberikan pelayanan hingga ke pelosok-pelosok.

Layanan home care sudah dibentuk sejak Maret 2019 atau sebelum pandemi COVID-19. Layanan ini ditujukan untuk pasien lansia dan pasien rentan penyakit, seperti memiliki penyakit kronis (darah tinggi, kencing manis, dan lainnya).

Pada Bulan Januari – Juli 2021, layanan home care telah memberikan perawatan kepada 2.300 pasien atau rata-rata setiap bulannya sejumlah 200 pasien yang dikunjungi. Tidak hanya pasien BPJS yang tertangani layanan home care secara gratis, sekarang pasien umum bisa juga memperoleh layanan ini dengan biaya yang setara berobat di rumah sakit. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119