Kapan Si Kecil Perlu Periksa ke Poli Tumbuh Kembang?

Kapan Si Kecil Perlu Periksa ke Poli Tumbuh Kembang?

TIDAK semua anak memiliki masa tumbuh kembang yang sempurna sebagaimana anak normal pada umumnya. Terutama pada periode emas pertumbuhan balita. Mulai dari kemampuan berbicara, mendengar, berjalan, dan lainnya.

Ada sebagian anak yang mengalami perkembangan tidak normal. Sederhananya, mereka mengalami gangguan dalam proses tumbuh kembang.

Pembagian Area Perkembangan Anak

Tahap perkembangan bayi dan balita dibagi menjadi beberapa area yaitu: motorik kasar (berjalan, berlari), motorik halus (menggambar), sensorik (melihat, mendengar, dll.), bahasa (mengucapkan kata lalu kalimat), dan sosial (bermain bersama, bermain bergantian).

Pertumbuhan dan perkembangan berbeda-beda timbulnya, namun tetap ada batasan waktu yang cukup luas dimana masih dapat dikategorikan normal.

Untuk mendukung pertumbuhan si Kecil diperlukan kecukupan gizi yang baik.

Selain membantu pertumbuhan, dengan nutrisi dan kebiasaan makan yang baik, penyakit seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan obesitas dapat dicegah.

Kurang nutrisi akan menyebabkan gangguan perkembangan intelektual si Kecil.

Berikut tahapan stimulasi sesuai usia si Kecil :

· Usia 0 – 4 Bulan

Sering memeluk dan menimang dengan penuh kasih sayang. Gantung benda berwarna cerah yang bergerak dan bisa dilihat oleh si Kecil. Ajak si Kecil tersenyum, bicara, dan mendengarkan musik.

· Usia 4-6 Bulan

Sering tengkurapkan si Kecil. Gerakkan benda ke kiri dan kanan, di depan matanya. Perdengarkan berbagai bunyi-bunyian. Beri mainan benda yang besar dan berwarna.

· Usia 6-12 Bulan

Ajari si Kecil untuk duduk, ajak main ci-luk-ba, ajari memegang dan makan biskuit, ajari memegang benda kecil dengan 2 jari, aari berdiri dan berjalan dengan berpegangan, ajak bicara sesering mungkin, latih mengucapkan ma.. ma.. pa.. pa, beri mainan yang aman dipukul-pukul.

· Usia 1 – 2 Tahun

Ajari berjalan di undakan/tangga, ajak membersihkan meja dan menyapu, ajak membereskan mainan, ajari mencoret-coret di kertas, ajari menyebut bagian tubuhnya, bacakan cerita anak, ajak bernyanyi, ajak bermain.

· Usia 2 – 3 Tahun

Ajari berpakaian sendiri, ajak melihat buku bergambar, bacakan cerita anak, ajari makan di piringnya sendiri, ajari cuci tangan, ajari buang air besar dan kecil di tempatnya.

· Usia 3 – 5 Tahun

Minta si Kecil menceritakan apa yang ia lakukan, dengarkan ia ketika bicara, jika ia gagap, ajari bicara pelan-pelan, awasi si Kecil ketika mencoba hal-hal baru.

Poli Tumbuh Kembang RSUD dr. Iskak Tulungagung

Di RSUD dr. Iskak Tulungagung, salah satu fasilitas kesehatan  yang dapat menjadi solusinya, yakni dengan memeriksakan si kecil ke Poli Tumbuh Kembang RSUD dr. Iskak.

Dokter Spesialis Anak RSUD dr. Iskak, dr. Emi Yulianti, Sp.A memberikan jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan mengenai poli tumbuh kembang.

Oh ya, Bagi yang belum mengetahui layanan ini, Poli Tumbuh Kembang berada tepat di ujung timur layananan poliklinik, atau berdekatan dengan Masjid Asy-Syifa.

Masyarakat tak perlu ragu memanfaatkan layanan ini untuk berkonsultasi tentang kondisi buah hati.

Apalagi pembiayaan poli ini juga bisa dilakukan melalui mekanisme BPJS, Jamkesda, atau layanan asuransi lainnya.

Apa saja pelayanan di Poli Tumbuh Kembang?

Poli tumbuh kembang RSUD dr. Iskak memberikan pelayanan yang khusus bisa mendeteksi dini tumbuh kembang si kecil.

Walau anaknya terlihat normal seperti lainnya, akan tetapi bisa dideteksi secara dini melalui sejumlah pemeriksaan dan observasi.

Jika anak yang datang sudah memiliki gangguan tumbuh kembang, maka akan diperiksa secara menyeluruh untuk bisa mendiagnosis.

Setelah itu dokter spesialis anak bisa memberikan intervensi atau menentukan pilihan terapi yang sesuai dengan kebutuhan si anak.

Pemeriksaan dilakukan oleh tenaga profesional yang mumpuni, poli tumbuh kembang memiliki empat dokter spesialis anak, psikolog, fisioterapi, serta perawat yang berpengalaman dalam menangani tumbuh kembang si anak.

Siapa saja yang bisa datang?

Dokter Emi mengatakan, anak yang bisa mendapatkan pelayanan, salah satunya adalah anak dengan risiko tinggi mengalami tumbuh kembang. Misalnya bayi prematur.

”Bayi prematur biasanya berat badannya kurang, maka perlu diperhatikan perkembangannya secara berkala,” kata dr Emi saat ditemui di Poli Tumbuh Kembang, Senin, 13 September 2021.

Selanjutnya, anak disabilitas atau mengalami keterbelakangan mental bisa diperiksa di poli tumbuh kembang

Biasanya orang tua belum mengetahui jika anak mengalami keterbelakangan mental, salah satu gejalanya misalnya keterlambatan kemampuan bicara atau speak delay.

Bagaimana alur penanganannya ?

Pada mulanya, si anak akan dilakukan pemeriksaan yang menyeluruh. Anamnese atau pemeriksaan Awal ini  biasa disebut screening kesehatan.

Ada sekitar 70 item yang diperiksa, seperti tinggi badan, berat badan, memeriksa kesehatan telinga dan mata, dan lain sebagainya.

”Karena pemeriksaan yang membutuhkan durasi yang tidak singkat, minimal satu jam, maka orang tua yang ingin memeriksakan anaknya, lebih baik mendaftarkan dahulu, supaya diatur jadwal pemeriksaan oleh petugas poli,” kata dr. Emi.

Keistimewaan Poli Tumbuh Kembang

Poli Tumbuh Kembang ini mulai beroperasi sekitar tahun 2008, sehingga memiliki rekam jejak penanganan masalah tumbuh kembang anak yang mumpuni.

Selain itu, poli tumbuh kembang memberikan pelayanan terpadu, yakni bisa melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan  berkolaborasi dengan poliklinik lainnya, seperti poli psikiatri, poli THT, poli rehab medik, dan llainnya

Hal itu dilakukan apabila pasien  memerlukan penanganan lanjutan.

Contohnya, si anak mengalami gangguan pendengaran, maka Poli Tumbuh Kembang bisa langsung merujuk si anak ke dokter THT di Poli THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).

Cara pendaftaran

Orang tua bisa mendaftarkan anak yang hendak periksa di loket pendaftaran atau melaui aplikasi yang bisa diunduh di Play Store, yakni Si Poetri (Sistem Informasi Pendaftaran Online Tanpa Antri). Pendaftaan dilakukan satu hari sebelum pemeriksaan.

Jadwal Poli Reguler:

Hari Senin – Kamis Pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB
Hari Jumat Pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB

Jadwal Poli Eksekutif:

NAMA DOKTER SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT
dr. Zuhrotul Aini Sp. A   07.00-08.00   07.00-08.00  
dr. Herlin Kristanti Sp. A 08.00-10.00   08.00-10.00   09.30-10.30
dr. Emi Yulianti Sp. A   08.00-09.00   08.00-09.00 08.00-09.00
dr. Novi Efridayanti Sp. A 07.00-08.00   07.00-08.00   07.00-08.00

*) Sumber berita pendukung artikel: nutriclub.co.id

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119