Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini.

Kasus COVID-19 Melandai, IGD “Virtual” Dikembalikan Jadi Ruang Rawat Inap

Kasus COVID-19 Melandai, IGD “Virtual” Dikembalikan Jadi Ruang Rawat Inap

SUASANA di ruang triase primer (pemeriksaan awal) Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Iskak terlihat lengang pada Hari Rabu, 23 September 2021.

Tak berselang lama, sebuah mobil ambulans datang membawa seorang pasien. Dengan cekatan empat perawat memindahkan pasien dari mobil ambulan ke ruang triase primer untuk pemeriksaan awal.

Setelah diperiksa kondisi saluran pernafasannya atau gejala ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut), pasien di bawa ke yellow zone untuk perawatan lebih lanjut.

Sejurus suasana IGD kembali lengang. Situasi yang tak ramai ini berbanding terbalik saat terjadi lonjakan kasus seiring merebaknya wabah COVID-19 varian delta, yakni awal Bulan Juli dan Agustus.

Saat itu, banyak pasien berdatangan dengan berbagai kondisi. Ada yang suspect COVID-19 atau tidak.

Kepala Ruang IGD (Instalasi Gawat Darurat) RSUD dr. Iskak Rofik Jemy Setiawan, S. Kep. Ners mengatakan, pada saat Bulan Juli – Agustus, manajemen RSUD dr. Iskak mengaktifkan dua IGD sekaligus.

”IGD yang lama untuk pasien suspect dan positif COVID-19, sementara pasien non-COVID-19 dirawat di ruang virtual (berada di sebelah barat rumah sakit). Dua gedung yang terpisah,” kata Rofik kepada rsud.tulungagung.go.id.

Ia menceritakan, situasi pandemi COVID-19 semakin melandai, pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 menurun. Fungsi IGD pun dikembalikan seperti semula, yakni menjadi satu gedung.

Untuk IGD non-COVID-19 di ruang virtual sudah dipindahkan ke IGD. Di sana (ruang virtual) kembali menjadi ruang rawat inap untuk pasien non-COVID-19.

”Terhitung sejak 11 September lalu, ruang virtual tidak difungsikan menjadi IGD lagi,” terangnya.

Rofik menambahkan, untuk pasien suspect dan positif COVID-19 ditempatkan di green zone. Sementara yellow zone untuk pasien non-COVID-19.

Pemisahan pasien COVID-19 dan non-COVID-19 menjadi kunci untuk memutus mata rantai penularan virus.

Ia menghimbau masyarakat yang ingin berobat ke IGD tak perlu khawatir tertular atau di-COVID-kan.

Untuk loket pendaftaran IGD berada di sebelah barat IGD atau sebelah timur pelayanan Farmasi Rawat Jalan. Sedangkan ruang tunggu untuk keluarga pasien berada di seberang IGD.

Rofik mengatakan, saat ini tengah berupaya membangun ruang tunggu yang berdekatan dengan IGD, karena tempat yang dipakai untuk ruang tunggu saat ini sebelumnya adalah tempat mobil ambulans. ”Kami berupaya memberikan pelayanan yang nyaman dan maksimal, masyarakat tak perlu takut berobat ke rumah sakit,” tandasnya. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119