Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Kembangkan Jiwa Dakwah, Lomba Kultum Internal Nakes dan Karyawan RSUD dr. Iskak Masuki Babak Final

Kembangkan Jiwa Dakwah, Lomba Kultum Internal Nakes dan Karyawan RSUD dr. Iskak Masuki Babak Final

SETELAH hampir sepekan dilakukan seleksi secara ketat, lomba kultum atau “kuliah tujuh menit” yang digelar manajemen RSUD dr. Iskak dengan melibatkan puluhan nakes (tenaga kesehatan) dan karyawannya memasuki babak final, Rabu, 28 April 2021 .

Sebanyak enam finalis tampil menunjukkan kepiawaian dan kefasihannya dalam berdakwah, menyampaikan tausyiah selama tujuh menit atau jamak disebut dengan istilah kultum.

Istilah ini merujuk pada penyampaian dakwah ustadz atau imam shalat yang memberi tausyiah selama kurang lebih tujuh menit pada jeda menjelang pelaksanaan shalat taraweh. Biasanya disampaikan setelah melaksanaan ibadah berjamaah shalat  isya’ dan sebelum shalat sunah taraweh.

Lomba kultum oleh manajemen RSUD dr. Iskak digelar dalam rangkaian menyemarakkan suasana religius di Bulan Suci Ramadhan 1.442 Hijriyah, sekaligus untuk memupuk jiwa-jiwa pendakwah dan syiar Islam di lingkungan karyawan dan nakes rumah sakit rujukan Pemprov Jatim di bagian barat tersebut.

Acara berlangsung serius tapi santai. Mochammad Jaelani dari tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD dr. Iskak yang didapuk sebagai pembawa acara sesekali melontarkan joke-joke segar sehingga membuat suasana lomba terasa gayeng.

Salah satu dewan juri Lomba Kultum,  Mochamad Rifai, S Kep, Ners. MH.Kes mengaku, dia bersama anggota tim juri sempat mengalami kesulitan memilih enam pendakwah yang tampil di babak final. Hal ini disebabkan ketatnya nilai para peserta. Rata-rata perwakilan unit layanan yang tampil dalam lomba kultum sudah piawai dalam berdakwah, sembari  mengutip hadist nabi maupun ayat-ayat dari Kitab Suci Alquran.

”Pada mulanya terdapat 23 karyawan RSUD dr. Iskak yang ikut lomba kultum ini, lalu diseleksi menjadi enam finalis,” kata Rifai.

Rifai mengatakan, penilaian dari perform dan materi dakwah secara keseluruhan. Ia memuji semua peserta yang mengikuti lomba ini. “Semua yang tampil di babak final ini adalah pemenang,” ujar Rifai.

Selanjutnya, sejumlah aturan Lomba Kultum kali sebagai berikut, waktu yang diberikan dewan juri yakni tujuh menit. Jika melebihi maka nilainya bisa berkurang, selanjutnya materi dakwah terdiri dari pembukaan, materi dakwah, serta kesimpulan.

”Biasanya kesimpulan lupa dibawakan, ini penting karena biasanya ada jamaah yang terlambat hadir sehingga perlu diberikan kesimpulan,” terang Rifai.

Penampilan di atas panggung dan wawasan atau pengetahuan juga termasuk penilaian dewan juri.

Materi dakwah yang dibawakan dalam lomba kultum ini beragam, mulai dari rahasia kematian, berbagi rizki, dan lain sebagainya.

Salah satu peserta Lomba Kultum, Maulana Rahmat Hidayatullah, seorang perawat di Graha Hita Husada mengatakan persiapan lomba dengan membikin outline, kemudian dihafalkan materinya.

”Saya sebelumnya mengajar. Jadi sudah terbiasa tampil di depan publik, kalau dulu publiknya adalah mahasiswa,” terang Maulana.

Maulana berharap, dengan lomba kultum ini yaitu  supaya ditingkatkan terus kualitasnya, sehingga bisa membuat para karyawan termotivasi meningkatkan kualitas ke-Islaman dan keimanannya.

Peserta lainnya, Mochammad Suyuti dari Poli Rawat Jalan mengatakan, persiapan lomba kultum selama satu bulan, seperti mengisi kegiatan dakwah di musala dan masjid.

”Dahulu belajar juga di majelis tahlil, yasin dan sebagainya,” kata Suyuti meneritakan latar belakang pengalamannya. ”Terima kasih dengan acara ini, karena bisa menambah semangat para karyawan untuk tidak lupa beribadah dan lainnya,” ucapnya mengaprersiasi kegiatan lomba Kultum di Bulan Suci Ramadhan. Sementara itu, pengumuman lomba-lomba, seperti lomba tanfidz, cerdas cermat, dan kultum bakal diadakan pada Rabu depan, 5 Mei 2021 secara daring. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119