Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Kenali Gejala Sakit Jantung dan Penanganannya

Kenali Gejala Sakit Jantung dan Penanganannya

PENYAKIT jantung adalah pem bunuh nomer satu di dunia saat ini. Dari data yang dirilis oleh World Health Organization (WHO) tahun 2012 menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31 persen dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia. Lebih dari 3/4 kematian akibat penyakit kardiovaskuler terjadi di negara berkembang yang berpenghasilan rendah sampai sedang.

Dari seluruh kematian akibat penyakit kardiovaskuler 7,4 juta (42,3 persen) di antaranya disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner (PJK) dan 6,7 juta (38,3 persen) disebabkan oleh stroke. Penyakit jantung biasanya muncul pada orang yang memiliki potensi penyakit jantung, seperti orang dengan kelebihan berat badan (obesitas), kurang aktivitas fisik atau olahraga, pola hidup yang tidak sehat, faktor keturunan dan konsumsi makanan- makanan tertentu.

Ahli jantung RSUD dr. Iskak, dr. Arief Wibisono mengatakan pertolongan pertama bagi orang yang terserang jantung, khususnya jantung koro ner, sebisa mungkin dia harus diam. Menghentikan dirinya dari segala aktivitas agar jantung bisa tenang. Selanjutnya berikan obat Isosorbide Dinitrate, obat yang berasal dari turunan Nitrates. Dalam kondisi semacam itu, pembuluh darah jantung akan mengalami penyempitan atau vasokonstriksi. Akibatnya, aliran darah dari dan menuju jantung tidak berjalan lancar. Sementara jantung terus dipaksa mensuplay oksigen ke otak.

Jika dalam keadaan tersebut dia terus bergerak, maka kinerja jantung yang bermasalah tadi akan semakin parah. Arief menambahkan, saat mengalami serangan jantung, biasanya orang akan menggunakan Aspirin sebagai obat penolong pertama. Namun perlu diketahui, kegunaan Aspirin hanyalah sebagai pengencer darah, tidak bisa membuka atau memperlebar pembuluh darah jantung.

Sementara obat yang dapat digunakan dengan cepat untuk hal itu adalah Nitrate, dan obat turunan dari Nitrate adalah Isosorbide Dinitrate. “Satu tablet obat ini harus di letakkan di bawah lidah saat rasa nyeri yang ada di dada telah menjalar sampai ke bagian yang lain. Jika selama lima menit rasa nyeri tak kunjung hilang, letakkan lagi satu tablet dan segera bawa ke dokter jantung,” kata dr Arief. (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119