Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Kepala Sering Pusing Bisa Jadi Tanda Gejala Tumor

Kepala Sering Pusing Bisa Jadi Tanda Gejala Tumor

MASYARAKAT awam sering kali menganggap munculnya gejala pusing dan nyeri di area kepala sebagai penyakit biasa. Anggapan ini ternyata salah. Sebab nyeri di kepala atau pusing yang terus berlanjut bisa jadi itu pertanda penyakit yg tidak kita duga – duga seperti adanya tumor di bawah tengkorak kita atau tumor otak. kita harus waspada dan tidak boleh ceroboh, kenali gejalanya lalu periksakanlah ke dokter untuk mendapatkan informasi dari keluhan yg kita alami.

Karena jika nyeri kepala atau pusing yang terus berlanjut itu dibiarkan, bisa menjadi momok pada kesehatan tubuh kita.

Dokter Spesialis Saraf RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Jenar Arumi Sp. S. mengatakan, penderita yang sering mengeluhkan pusing bisa jadi disebabkan oleh gejala penyakit yang berbahaya.

“Pusing bisa disebabkan banyak hal. Misalnya, karena kurang istirahat atau kelelahan atau sebab lain. Penderita wajib mewaspadai keluhan tersebut karena berkaitan dengan gejala penyakit yg mungkin membahayakan kita seperti adanya tumor atau kanker di kepala atau otak kita” kata dr. Jenar pada saat mengisi acara di siaran langsung di Radio Perkasa FM, Selasa (8/9/2020).

Menurut dia, gejala pusing yang disertai rasa nyeri berlebihan yg berulang pada bagian kepala bisa menjadi tanda tanda dari efek penyakit serius, seperti kanker atau tumor otak.

“Timbulnya rasa pusing pasti ada sebab pemicunya. Akan tetapi tanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu, maka hal ini belum bisa dipastikan bahwa itu reaksi dari penyakit kanker atau tumor,” ujarnya.

Lanjut Dokter Jenar, dari beberapa pasien yang pernah ditanganinya, kebanyakan gejala penyakit tumor selalu disertai dengan rasa pusing yang berlebih.

“Selain pusing, reaksi lainnya dari penyakit ganas ini biasanya cenderung menimbulkan ketidakstabilan kerja otak. Penderita juga bisa mengalami perubahan perilaku, misalnya, ada perubahan perilaku penderita diluar dari kebiasaan, misal yang semula pendiam menjadi cerewet, menjadi suka ngomong dan sebagainya,” paparnya.

Dokter. Jenar memberikan saran penting kepada kita agar tidak menganggap remeh timbulnya rasa pusing di kepala semacam itu, demi mencegah agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

“Saran kami lakukan pemeriksaan atau konsultasikan kepada ahlinya (dokter) agar memperoleh informasi kesehatan yang benar dan solusi pengobatannya,” pesan dia di akhir talkshow.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119