Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Ketahui Penyebab Siklus Haid Tidak Normal. Ini Penjelasan dr. Irfani Baihaqi, Sp. OG...

Ketahui Penyebab Siklus Haid Tidak Normal. Ini Penjelasan dr. Irfani Baihaqi, Sp. OG…

KASUS menstruasi / haid tidak teratur atau terlambat hingga jangka waktu lama biasanya memicu kecemasan, tidak hanya bagi bagi si wanita yang mengalami gangguan datang bulan, namun juga bagi keluarganya.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya siklus haid tidak normal ini. Misalnya, karena kelainan pada organ vagina, kondisi rahim, organ indung telur dan bisa juga dipengaruhi oleh kondisi otak (stres).

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Irfani Baihaqi, Sp. OG memberikan contoh kasus ketidakteraturan siklus menstruasi akibat posisi/kondisi organ vagina.

Contoh ada wanita usia 16 tahun tetapi belum mengalami menstruasi karena pada bagian vaginanya tertutup oleh selaput darah (kelainan pembentukan organ vagina), sehingga haidnya tidak bisa keluar.

Selain itu, bisa juga karena faktor rahim (oterus). Hal ini terjadi dikarenakan adanya kelainan bentuk rahim, sedangkan pada indung telur itu berkaitan dengan masalah hormonnya.

Sedangkan yang berkaitan dengan masalah otak itu artinya terjadinya stres. Karena stres otak tidak bekerja maksimal sedangkan otak seharusnya bisa merangsang hormon hormon pada indung telur untuk mengeluarkan menstruasi (haid) secara normal.

“Itulah empat faktor yang sangat mempengaruhi proses terjadinya siklus haid yang tidak normal seperti umumnya,” tambahnya

Empat faktor yang mempengaruhi terjadinya ketidaknormalan pada siklus bulanan di antaranya, faktor kegemukan, wanita yang sedang menjalani program diet secara berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran yang semestinya sangatlah berisiko. Artinya, sebelumnya badan gemuk tiba tiba menyusut dalam waktu singkat.

Jadi, jika lemak badan menyusutnya terlalu banyak otomatis cadangan hormonal untuk memproduksi mentruasi tidak ada.

“Jadi hati-hati jika wanita melakukan diet yang berlebihan. (Sebaiknya diet dilakukan) sewajarnya saja. Soalnya lemak perut juga dapat menjadi cadangan untuk memproduksi hormon hormon supaya bisa mentruasi,” ujarnya.

Selain empat faktor di atas,  penyebab siklus haid tidak normal juga dipengaruhi kepadatan jam kegiatan untuk aktivitas pekerjaan dengan durasi waktu terlalu panjang.

Artinya kerja sejak pagi sampai malam sehingga kurang istirahat sehingga badan menjadi lelah. Selain itu karena faktor olahraga secara berlebihan juga sangat mempengaruhi terjadinya siklus tidak teratur. “Jadi cukup banyak faktor penyebab siklus haid menjadi tidak teratur yang seharusnya diperhatikan. Namun biasanya stres paling mempengaruhi dan harus dicari satu per satu masalahnya dimana, dengan begitu pasti bisa ditemukan solusinya,” kata dr. Irfani.  (PKRS/MFW)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119