Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Ketika RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Belajar PSC (Public Safety Center) ke Tulungagung

Ketika RSUD dr. Wahidin Sudiro Husodo Belajar PSC (Public Safety Center) ke Tulungagung

RSUD dr. Iskak memiliki pelayanan kegawatdaruratan di luar rumah sakit atau pra hospital  yang berbasis teknologi, namanya PSC (Public Safety Center).

PSC dijalankan secara terpadu dan terkoordinasi dengan sejumlah instansi pemerintah Kabupaten Tulungagung (Dinas Kesehatan, Damkar, BPBD, Satpol PP) dan Polres Tulungagung untuk menekan angka kematian yang disebabkan, misalnya bencana alam, kecelakaan, dan lain sebagainya.

Kinerja PSC di RSUD dr. Iskak membikin rumah sakit lainnya tertarik untuk mempelajarinya lebih rinci. Salah satunya tamu dari Mojokerto, RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto.

Rombongan disambut langsung oleh Direktur RSUD dr. Iskak dr. Supriyanto, Sp.B, M.Kes dan Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr. Iskak dr. Zuhrotul Aini, Sp.A di ruang Soenaryo Sadikin pada Rabu siang, 07 April 2021.

Dokter Pri, sapaan akrab Direktur RSUD dr. Iskak mengatakan, sebelum menjalankan PSC, rumah sakit harus memaksimalkan sejumlah instalasi, seperti IGD (Instalasi Gawat Darurat), rawat inap, dan lainnya.

”Setelah internal rumah sakit klir, maka bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan lainnya,” paparnya.

Dokter Pri mengatakan, jika internal rumah sakit tidak dibenahi secara maksimal, maka program PSC tidak bisa konsisten melayani pelayanan yang darurat.

”Percuma membikin PSC tapi finishing touch atau pelaksanaan di lapangan melempem,” ujarnya.

Untuk diketahui, PSC di RSUD dr. Iskak dimulai dengan peluncuran produk jasa layanan TEMS (Tulungagung Emergency Medical Service) pada Januari 2016. Layanan ini bertujuan untuk reaksi cepat gawat darurat atau Instalasi Rawat Darurat (IRD).

Tim PSC terdiri dari tim medis yang profesional di IRD dan telah dibekali SOP (Standar Operational Procedur), sehingga mampu menjalankan penanganan kasus kegawatdaruratan yang modern.

TEMS kemudian diubah namanya menjadi PSC pada tahun 2018, dilengkapi tim call center yang bersiaga 24 jam di “pos komando khusus” atau biasa disebut Command Center yang berada di lantai dua RSUD dr. Iskak.

Tim PSC siap menerima aduan, laporan ataupun permintaan layanan kedaruratan. Baik yang berkaitan dengan masalah kesehatan, kecelakaan, kebencanaan, kebakaran ataupun kasus-kasus kedaruratan lain yang membutuhkan pelayanan cepat, tepat dan efektif.

Masyarakat yang mengalami situasi kedaruratan bisa memakai aplikasi tombol darurat (emergency button) yang tersedia di Playstore. Hanya sekali tekan, aplikasi berbasis android ini mampu menggerakan semua unit keselamatan negara dalam waktu singkat.

Dokter Pri mengatakan aplikasi ini memiliki kemampuan merespon warga yang membutuhkan pertolongan, mengindentifikasi situasi darurat yang terjadi, serta menggerakkan unit keselamatan dalam waktu singkat.

Emergency Botton PSC Tulungagung terhubung dengan GPS (Global Positioning System). Hal ini berguna saat warga memencet emergency botton, operator PSC langsung mengetahui posisi terkini. Sebelumnya, seseorang yang registrasi di aplikasi emergency botton PSC Tulungagung akan mengirimkan data diri seperti nomer telepon dan alamat lengkapnya.

Di sistem PSC RSUD dr Iskak Tulungagung, nomor hotline yang bisa dihubungi masyarakat adalah (0355) 320-119.

Tim PSC ala RSUD dr Iskak, Tulungagung ini telah terintegrasi dengan Polres Tulungagung), Kodim 0807/Tulungagung, pemadam kebakaran, BPBD, serta jaringan jasa layanan medis di tingkat kecamatan/desa serta lembaga layanan kesehatan swasta.

Sementara itu, Direktur RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto dr. Triastutik Sri Prastini, Sp.A mengatakann, PSC di Tulungagung yang dikelola oleh RSUD dr. Iskak memiliki sistem yang baik.

”Sebelumnya kami sudah mengetahui pelayanan PSC dari media massa, sehingga kami studi banding ke sini,” kata dia.

Setelah mendapatkan pemaparan dari Direktur RSUD dr. Iskak Dokter Pri, pihaknya mendapatkan pencerahan tentang PSC, seperti membenahi IGD, rawat inap, dan sebagainya.

”Dahulu RSUD dr. Iskak memberikan pelatihan tim PSC-nya ke Malaysia, sedangkan kami nantinya akan mengirim pegawai agar belajar secara menyeluruh di Tulungagung setelah studi banding ini,” paparnya. Seusai sesi pemaparan, tamu dari RSUD Dr. Wahidin Sudiro Husodo Mojokerto mengunjungi kantor PSC dari dekat.Perwakilan rumah sakit milik Pemerintah Kota Mojokerto ini terlihat banyak bertanya hal teknis pelaksanaan PSC. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119