Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Kultum Ramadhan, Menimba Ilmu Dunia – Akhirat

Kultum Ramadhan, Menimba Ilmu Dunia – Akhirat

PADA Bulan Ramadhan 1.442 Hijriyah yang masih dalam situasi pandemi COVID-19 ini, manajemen RSUD dr. Iskak berupaya memberikan kultum (kuliah tujuh menit) untuk pengunjung dan karyawannya.

Kultum ini dilaksanakan setiap Hari Senin hingga Kamis setelah Salat Dhuhur di Masjid As-Syifa RSUD dr. Iskak. Narasumbernya yaitu K.H Zainal Hafidz, beliau mengisi kajian mulai awal hingga minggu terakhir Ramadhan.

Ketua PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD Dr. Iskak, dr. Moch. Mundir Arif, Sp. THT-KL mengatakan, kultum digelar dengan tujuan menyemarakkan suasana Ramadhan 1.442 Hijriyah.

”Kajian ini tentunya menambah wawasan keagamaan bagi jamaah yang hadir di Masjid Asy-Syifa,” terang dokter Mundir yang juga dokter spesialis THT-KL ini

Dokter menambahkan, tim PKRS menyiarkan secara daring, dengan tujuan bisa disaksikan karyawan RSUD dr. Iskak yang tidak ke masjid.

”Dengan bantuan teknologi, karyawan bisa melihat secara langsung atau siara ulangnya,” terangnya.

”Antusias karyawan sangat bagus, karena kita bisa menimba ilmu dunia dan akhirat di sela-sela bekerja,” imbuhnya.

Pada Hari Senin siang, 26 April 2021 atau hari ke-14 Ramadhan, K.H Zainal Hafidz menyampaikan salah satunya mengenai menyempurnakan wudhu.

Ia mengatakan seseorang kadangkala menyempurnakan wudhunya dengan menjalankan wudhu sesuai sunnah.

Biasanya setiap orang lupa membaca basmallah, K.H Zainal mengatakan saat teringat ketika wudhu, maka bisa langsung menyusulnya dengan membaca basmalllah.

Kemudian mencuci kedua telapak tangan sebelum memulai wudhu, kemudian memulai dengan berkumur dan menghisap air dengan hidung sebelum membasuh wajah, selanjutnya sunnah wudhu lainnya adalah membasuh janggut (jenggot) sampai ke bagian dalam, dan terakhir membersihkan sela-sela jari-jemari tangan dan kaki.

K.H Zainal Hafidz mengatakan wudhu diketahui sebagai prasyarat untuk menjalankan ibadah salat, dibalik itu bahwa wudhu  juga memiliki sejumlah keutamaan. ”Mari menyempurnakan wudhu kita supaya makin semangat beribadah,” tandasnya. Jamaah yang hadir tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes), yaitu memakai masker, menjaga jarak. dan mencuci tangan. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119