Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Layanan Jantung Tercanggih (LASKAR)

Layanan Jantung Tercanggih (LASKAR)

Rumah Sakit Umum Daerah Dr Iskak Kabupaten Tulungagung dinobatkan menjadi rumah sakit pemerintah pertama yang memiliki kecepatan penanganan serangan jantung di Indonesia. Kecanggihan layanan ini bahkan disebut-sebut menandingi Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta.

Dalam hitungan menit, tim medis Unit Gawat Darurat RSUD Dr Iskak sudah akan mampu menemukan titik penyumbatan pemicu serangan jantung dan melakukan pembedahan. Kecepatan dan ketepatan penanganan ini sangat menentukan keselamatan pasien jantung yang rata-rata hanya memiliki masa kritisk tak lebih dari 30 menit  sejak serangan pertama. “Ini rumah sakit pemerintah yang memiliki layanan jantung berstandar internasional,” kata dr Sunarya Soerianata, Sp.JP, Ketua Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI).

Terobosan ini pula yang mendorong organisasi PIKI mengundang 35 dokter jantung seluruh Indonesia untuk mengikuti workshop sekaligus peragaan pemeriksaan jantung atau kateterisasi yang diikuti tindakan pembedahan di RSUD Dr Iskak Tulungagung, Sabtu 25 Maret 2017. Selama ini standar serupa baru dimiliki oleh rumah sakit swasta Harapan Kita di Jakarta.

Direktur RSUD Dr Iskak, dr Supriyanto Sp.B menjelaskan penyediaan layanan kateterisasi jantung di ruang gawat darurat ini dilatarbelakangi tingginya kematian akibat serangan jantung. Data WHO menyebutkan jika dua tahun lalu penyebab kematian tertinggi di dunia adalah kecelakaan, disusul kemudian dengan jantung di posisi kedua, tahun ini sudah berbalik. Hal ini diantaranya dipengaruhi oleh perilaku manusia yang makin jauh dari aspek kesehatan seperti makanan berlemak dan cepat saji.

Satu-satunya peluang menyelamatkan pasien serangan jantung ini adalah memperpendek waktu antara terjadinya serangan dengan tindakan medis melalui pembedahan. Karena itu tak hanya mempersiapkan infrastruktur di ruang darurat rumah sakit, penyediaan tenaga medis yang sudah terlatih di tiap kecamatan juga menjadi kunci suksesnya terobosan ini. “Kita juga memiliki 40 mobil ambulan yang dilengkapi dengan tenaga, obat, dan peralatan jantung di dalamnya,” kata Supriyanto.

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo menjamin penanganan pasien serangan jantung di wilayahnya dengan cepat. Pemerintah daerah akan terus mendukung inovasi rumah sakit agar setara dengan layanan rumah sakit swasta terbaik di Indonesia. “Rumah sakit pemerintah tidak boleh kalah dengan rumah sakit swasta,” ujarnya.

Layanan jantung ini sekaligus melengkapi program Public Safety Centre (PSC) yang telah digagas Pemerintah Kabupaten Tulungagung dan diganjar menjadi layanan PSC terbaik di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan. Rumah sakit ini juga menjadi rujukan di kawasan selatan Pulau Jawa yang selama ini berbondong-bondong ke RSUD Dr Soetomo milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119