Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Layanan Jantung, Jadi Rujukan RS Jatim Bagian Selatan

Layanan Jantung, Jadi Rujukan RS Jatim Bagian Selatan

GUNA  menangani berbagai penyakit jantung, RSUD dr Iskak Tulungagung terus mengembangkan peralatan medis yang dimiliki. Salah satunya alat kateterisasi jantung. Tak berlebihan jika RSUD dr Iskak kemudian dinobatkan sebagai rumah sakit daerah tingkat kabupaten pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas layanan pemasangan ring jantung berstandar internasional.

Selama ini  rumah sakit yang memiliki layanan spesialis jantung hingga pemasangan ring jantung di Tanah Air hanya ada di RS Harapan Kita, Jakarta. Kalau tidak pasien penderita jantung harus berobat ke RS di luar negeri untuk mendapat penanganan medis mumpuni.

Persepsi itu kini pudar. Beberapa rumah sakit di Indonesia mengembangkan kemampuan layanan medisnya dalam hal penanganan seputar permasalahan jantung. RSUD dr Iskak adalah rumah sakit tingkat kabupaten pertama yang telah berhasil mencapai level tersebut.

Hal ini sebagaimana diakui Ketua Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia (PIKI) dr Sunarya Soerianata, Sp.JP yang menyatakan RSUD dr Iskak kini memiliki sistem layanan yang memungkinkan penanganan pasien jantung secara cepat, bahkan hingga ke langkah tindakan pemasangan ring jantung. Sistem kateterisasi yang dulunya hanya dimiliki RS Harapan Kita, kini (sejak tiga tahun terakhir) juga dimiliki RSUD dr Iskak. Tempatnya ada di area ruang Instalasi Gawat darurat.  

Menurut dia, dengan fasilitas medis ini memungkinkan dokter ahli bisa dengan cepat mengidentifikasi titik penyumbatan pada pembuluh jantung sehingga segera bisa dilakukan pembukaan melalui kateterisasi atau pemasangan ring.

Tidak sekadar ruangan khusus dan alat medis yang canggih. Penanganan pasien jantung di rumah sakit daerah ini juga didukung dengan tenaga medis dan prosedur penanganan berstandar internasional. Dalam hitungan 3-5 menit, tim di ruang darurat bisa merekam dan menemukan bukti terjadinya sumbatan, untuk  selanjutnya memanggil dokter jantung agar dilakukan pembedahan terhadap pembuluh darah yang tersumbat. Tim medis ini siaga 24 jam. Mereka siap melayani kapanpun terjadi situasi kegawatdaruratan medis yang dialami pasien yang menderita gangguan (sindrom) jantung akut.

Selain sistem katerisasi yang canggih tadi, di rumah sakit ini disediakan pula fasilitas Cath Lab, sebuah inovasi layanan yang mampu mendeteksi penyakit jantung melalui berbagai pemeriksaan fisik, eco, threat mill. Dengan inovasi layanan inilah RSUD dr Iskak kini ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan untuk pasien di wilayah Jawa Timur bagian selatan.    (*)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119