Layanan Penunjang

Layanan Penunjang

A. Pelayanan Penunjang Medis

1. Laboratorium
Merupakan salah satu pelayanan penunjang untuk membantu menegakkan diagnosa.Pelayananbuka selama 24 jam denganjenis pemeriksaan : pemeriksaan kimia klinik, hematologi, faal hemostatis, immuno-serologi, penanda tumor, serologi hormon, mikrobiologi, cairan tubuh, parasitologi, toxikologi dan patologi anatomi, dan mikrobiologi yang digolongkan pada tingkatan pemeriksaan sederhana dan canggih. Pelayanan laboratorium terdiri dari :

  • Instalasi Pathologi anatomi
  • Instalasi Pathologi Klinik
  • Instalasi Mikrobiologi

2. Radiologi (Instalasi Radiologi)
Tidak jauh berbeda dengan pelayanan laboratorium, bahwa Radiologi merupakan salah satu faktor penunjang penegak diagnosa dengan pelayanan 24 jam. Pelayanan ini didukung dengan peralatan yang canggihsehingga dapat memberikan pelayanan Foto Rontgen baik dengan bahan kontras maupun tanpa bahan kontras, pelayanan USG, CT. Scan, MRI dan foto gigi dento alveolair, ronsen konvensional dan modern.

3. Hemodialisa (Klinik Hemodialisa)
Pelayanan hemodialisa memenuhi perkembangan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat, sejak Juni 2011 RSUD Dr. Iskak Tulungagung membuka pelayanan hemodialisa (cuci darah) dan dilengkapi dengan alat dan fasilitas yang memberikan keamanan dan kenyamanan, terdiri dari 20 unit mesin hemodialisa. Melayani pasien mulai jam 06.00 WIB – 20.00 WIB dengan 3 (tiga) shift dan pelayanan cito.

4. Farmasi (Klinik Farmasi)
Pelayanan Farmasi di RSUD Dr. Iskak Tulungagung dilakukan oleh Instalasi Farmasi (IFRS) sistem satu pintu. IFRS mempunyai 7 unit pelayanan yaitu depo farmasi rawat jalan, rawat inap, IGD, pavilliun Graha Hita Husada, ruang intensif / ICU, dan Instalasi Bedah Sentral, Kamar Operasi IGD. IFRS melayani obat/alkes berdasarkan resep untuk pasien umum dan BPJS, baik obat generik maupun non generik, serta pelayanan gas medik.

5. PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi)

RSUD dr. Iskak mempunyai komite yang khusus menangani masalah infeksi. Komite ini disebut PPI atau Pencegahan dan Pengendalian Infeksi.

Seperti namanya, komite ini fokus pada pengandalian dan pencegahan infeksi. Di semua level dan kondisi, Komite PPI ini akan auto-run begitu terjadi situasi infeksionis yang terjadi pada pasien, tenaga medis, sumberdaya pendukung layanan medis lain, maupun lingkungan di dalam RS.

6. Cath Lab

RSUD dr Iskak Tulungagung terus mengembangkan peralatan medis yang dimiliki. Salah satunya alat kateterisasi jantung lengkap beserta fasilitas Cath lab untuk tindakan operasi jantung.

Dengan fasilitas medis ini memungkinkan dokter ahli bisa dengan cepat mengidentifikasi titik penyumbatan pada pembuluh jantung sehingga segera bisa dilakukan pembukaan melalui kateterisasi atau pemasangan ring.

Selain sistem katerisasi yang canggih tadi, di rumah sakit ini disediakan pula fasilitas Cath Lab, sebuah inovasi layanan yang mampu mendeteksi penyakit jantung melalui berbagai pemeriksaan fisik, eco, threat mill.

B. PELAYANAN PENGELOLAAN LIMBAH

RSUD Dr. Iskak Tulungagung memiliki fasilitas Incenerator untuk membakar limbah padat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk limbah cair yang dihasilkan dari masing-masing unit pelayanan agar kondisi lingkungan sekitar terjaga dari pencemaran.

C. INSTALASI PEMELIHARAAN SARANA RUMAH SAKIT (IPS RS)

Instalasi Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit (IPS RS) merupakan instalasi penunjang pelayanan rumah sakit yang mempunyai tugas pokok dan fungsi pemeliharaan sarana dan perbaikan sarana rumah sakit yang meliputi:

  1. Sarana Medis yaitu semua jenis peralatan penunjang medis yang menggunakan listrik (elektromedis) dan tidak menggunakan listrik (medis)
  2. Sarana Non Medis yaitu semua jenis sarana kelistrikan, elektronik dan telekomunikasi
  3. Sarana mekanik cipil, yaitu semua jenis sarana gedung dan kelengkapan di dalamnya. Perbaikan sarana dilaksanakan berdasarkan laporan dari user (pengguna) baik rawat inap, rawat jalan, rawat intensif, kamar opersi, perkantoran dan seluruh instalasi yang ada di rumah sakit.

Sedangkan indikator kinerja instalasi IPS RS diukur dengan tiga (3)indikator mutu berpedoman pada Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit dan berpedoman pada Indikator Mutu IPS RSUD dr Iskak Tulungagung, yaitu :

  1. Capaian kecepatan waktu menanggapi kerusakan alat ≤15 menit (standar ≥80 persen)
  2. Capaian Ketepatan waktu pemeliharaan alat (standar 100 persen)
  3. Capaian Perbaikan Sarana Harian (standar 100 persen)

D. PELAYANAN PEMULASARAAN JENAZAH

Pelayanan jenazah meliputi :

  1. Perawatan jenazah
  2. Pengawetan jenazah
  3. Penyimpanan jenazah
  4. Bedah mayat (otopsi)
  5. Visum luar
  6. Surat keterangan visum (hidup)

E. PELAYANAN AMBULANCE 

Pelayanan Ambulance RSUD Dr. Iskak Tulungagung meliputi transportasi mobil ambulance pasien dan mobil ambulance jenazah, memberikan pelayanan selama 24 jam baik dari dalam maupun dari luar rumah sakit.

F. PELAYANAN STERILISASI ALAT

Pelayanan sterilisasi alat meliputi alat logam dan linen.

CSSD untuk sterilisasi alat logam dengan tangung jawab antara lain:

  1. Menerima alat medis dan non medis dari ruangan serta instalasi untuk dilakukan sterilisasi.
  2. Melaksanakan sterilisasi dan mendistribusikan alat medis dan non medis yang telah disteril sesuai prosedur.
  3. Melakukan penelitian terhadap hasil sterilisasi dalam rangka pencegahan dan pengendalian infeksi bersama Panitia Pengendalian Infeksi Nosokomial.
  4. Mengevaluasi hasil sterilisasi.

Loundry untuk sterilisasi linen dengan tanggung jawab antara lain :

  1. Menerima dan mencatat linen kotor dan bersih dari dan ke ruangan.
  2. Melaksanakan proses pencucian linen dari semua ruangan.
  3. Melaksanakan pengeringan linen dalam mesin pengeringan.
  4. Melaksanakan penyetrikaan dan pelipatan linen.
  5. Melaksanakan penyimpanan dan pendistribusian linen ke ruangan-ruangan.

G. PELAYANAN KEAMANAN (SECURITY)  

Pelayanan Keamanan RSUD Dr. Iskak Tulungagung meliputi keamanan di lingkungan rumah sakit. Petugas juga siap sedia membantu apabila pasien dan/atau keluarga pasien membutuhkan bantuan.

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119