Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

PUASA Ramadhan memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh, baik itu untuk kesehatan jasmani maupun rohani yang dapat dirasakan.

Salah satu dampak positif bagi seseorang yang berpuasa, yaitu membuat kesehatan mental yang seimbang dan terbentuknya kecerdasan secara spiritual.

“Bulan Ramadhan merupakan suatu aktifitas puasa atau menahan. Adalah bulan yang memotivasi seseorang untuk melatih untuk berbuat kebaikan dan bulan ini tidak ditemukan pada bulan lainnya,” kata Dr. Agus Zainul, M.Pd saat mengisi acara talkshow yang disiarkan secara live di kanal YouTube, Facebook dan Instagram RSUD dr. Iskak pada Hari Kamis, 29 April 2021.

Dr. Agus Zainul, M.Pd mengatakan, korelasi puasa dengan kesehatan mental dan spiritual itu dapat dengan mudah dilakukan pada saat bulan Ramadhan. Sebab, selama 30 hari berpuasa banyak pelajaran positif misalnya menahan hawa nafsu, menjauhi larangannya dan meningkatkan keimanan kepada pencipta.

Menurutnya, pelajaran baik selama bulan puasa jika dijalani sebagaimana perintah Allah SWT, maka dapat meningkatkan kesehatan mental dan kecerdasan spiritual akan terbangun dengan sendirinya.

“Nah ini penting, sebab terdapat korelasi antara puasa dengan kesehatan mental,” katanya.

Namun yang paling ditekankan pada kesempatan ini mengenai kesehatan mental. Sebab kesehatan mental yang tidak seimbang dapat mempengaruhi kecerdasan seseorang misal terjadinya emosi di dalam diri.

“Apabila seseorang tidak memiliki kemampuan untuk memahami serta mampu mengendalikan emosi dalam diri manusia, efeknya kecerdasan menjadi menurun,” ujarnya.

Dr. Agus mengutip salah satu hadist Nabi Muhammad Rosulullah SAW yang berbunyi:

Sesungguhnya orang yang hebat dan perkasa bukanlah orang yang bisa mengalahkan orang lain, tetapi orang yang mampu mengendalikan amarahnya ketika dia marah”

Menurut Dr. Agus, mengapa seseorang harus bisa mengendalikan diri dari emosi, sebab ketika orang marah dapat menumpulkan logika, dan dapat dipastikan bahwa seseorang akan menyesali perbuatannya beberapa saat usai marah.

“Oleh karena itu, dengan berpuasa dapat melatih diri seseorang untuk menahan amarah.  Ini yang kemudian menumbuhkan kecerdasan spiritual menjadi baik, kontrol diri seimbang, otak inteligensinya juga akan baik,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan meningkatkan kecerdasan spiritual maka seseorang akan mempunyai kemampuan untuk memahami di luar pemikiran dirinya. Ini artinya, seseorang yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan mempunyai makna dalam hidup dan selalu mendekatkan diri pada Allah SWT.

“Jadi ketika seseorang melakukan sesuatu kemudian gagal atau tersandung masalah apapun tidak membuatnya stres. Melatih kecerdasan spiritual sangatlah penting bagi kesehatan seseorang,” tuturnya.

Oleh karena itulah, pentingnya kecerdasan spiritual untuk seseorang dapat menjadikan pondasi seseorang. Meski terjadi masalah ataupun musibah tidak membuat stres sehingga tidak mudah menyalahkan dirinya sendiri yang berakibat pada pilihan-pilihan yang buruk, misalnya melakukan bunuh diri.

Rasulullah SAW bahkan pernah bersabda: “Man arafa nafsahu faqad arafa Rabbahu,”. Yang artinya: “Barangsiapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhannya.”

“Oleh karena itu, pada bulan Ramadhan ini kita disuruh untuk memperbanyak dzikir,” jelasnya.

Puasa dapat menimbulkan kesehatan mental dan kecerdasan spiritual terbentuk dalam kurun waktu yang cukup. Membutuhkan proses panjang dengan latihan dan tirakat, akan tetapi berpuasa selama 30 hari ini setidaknya dapat melatih mengenal diri sendiri dan mengendalikan diri sehingga kecerdasan spiritual terbentuk. “Jangan pernah kawatir dan takut untuk berpuasa. Dan marilah kita tingkatkan level puasa kita dari puasa fisik menjadi puasa mental dengan harapan mencapai pada level kecerdasan spiritual. Hiduplah dengan penuh hikmah dan kebijaksanaan,” pungkasnya. (PKRS/MFW)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119