Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Maskerku Menumbuhkan Jerawatku

Maskerku Menumbuhkan Jerawatku

DALAM menjalani era kebiasaan baru seperti sekarang ini (pandemi COVID-19) semua orang  sepatutnya mematuhi aturan protokol kesehatan, salah satunya terkait keharusan menggunakan masker medis ataupun nonmedis dalam setiap aktivitas, terutama saat aktivitas di luar rumah.

Meskipun memakai masker adalah suatu hal yang wajib, sebagai upaya menghambat transmisi virus,  namun di sisi lain sebagian orang ternyata kebiasaan baru ini justru menimbulkan masalah baru di kulit di area yang tertutup masker.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Sekar Puspita, Sp. KK menjelaskan, pada kasus-kasus tertentu, masker memang dapat memicu masalah bagi orang yang memiliki kulit sensitif, seperti iritasi, jamur, bakteri sampai akhirnya tumbuh bintik bintik jerawat.

“Hal ini dikarenakan pada kulit pipi, hidung dan dagu tertutup masker selama berjam-jam, sehingga menimbulkan peningkatan suhu dan kelembaban di permukaan kulit tersebut,” katanya.

Dokter cantik spesialis kulit dan kelamin ini menjelaskan, peningkatan suhu atau temperatur pada penggunaan masker dapat memproduksi keringat secara berlebihan atau yang biasa disebut dengan istilah sebum.

Ketika produksi sebum meningkat, pori pori kulit pun ikut membesar dan menghasilkan komedo. Pada kondisi inilah mulai terjadi penumpukan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur, sehingga memicu pertumbuhan jerawat.

“Inilah yang menimbulkan jerawat bertumbuh subur pada area masker,” paparnya.

Dokter yang selalu tampil dengan hijab modis ini menambahkan, ada beberapa tips untuk meminimalisir permasalahan kulit saat memakai masker, yakni:

  1. Setiap 4-5 jam sekali  ganti masker baru. Jika memungkinkan bisa membuka masker.
  2. Membersihkan tangan sebelum atau sesudah memakai masker.
  3. Membersihkan wajah dengan sabun (sesuaikan dengan jenis kulit) usai bepergian.
  4. Kurangi pemakaian make up yang berlebihan.
  5. Mengunakan Skin Care yang sesuai dengan jenis kulit.

“Masker kain, medis atau masker nonmedis sama-sama dapat menyebabkan iritasi kulit pada sebagian orang, namun masih bisa dicegah dengan cara tersebut,” katanya.

Timbulnya jerawat sebenarnya tidak hanya karena penggunaan masker. Jerawat pada dasarnya bisa tumbuh karena dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung lainnya.

Dua hal yang mempengaruhi tumbuhnya jerawat, ini bisa karena faktor dari dalam tubuh (internal) atau luar tubuh (eksternal).

Faktor penyebab dari dalam tubuh di antaranya:

  1. Faktor bakat/keturunan atau genetik.
  2. Pengaruh hormonal seks.
  3. Makanan (terutama yang berkarbohidrat)

Sedangkan untuk faktor penyebab dari luar tubuh (eksternal) di antaranya adalah:

  1. Paparan sinar matahari langadala.
  2. Pengunaan make up yang tidak sesuai dengan jenis kulit.

“Faktor penyebab utama adalah kecenderungan genetik (bakat). Tetap bisa disembuhkan namun harus berproses,” ujarnya.

Namun sebenarnya faktor pendukung muncul dan tumbuhnya jerawat bukan itu saja, melainkan bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsinya.

Riset membuktikan bahwa orang yang berjerawat cenderung mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung karbohidrat, misalnya, mie instan, nasi putih, pemanis, soda dan sejenisnya.

“Makanan bukan sebagai penyebab utama. Akan tetapi makanan yang berkarbohidrat tinggi dapat mempengaruhi jerawat lebih subur,” paparnya.

Jika sahabat RSUD dr. Iskak Tulungagung berencana melakukan pemeriksaan jerawat pada kulit atau konsultasi seputar kesehatan kulit, anda bisa langsung datang ke Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Jadwal periksa dokter dimulai pada hari Senin sampai dengan Jumat. Jam layanan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB untuk hari Senin-Kamis, dan pukul 08.00 WIB – 11.00 WIB untuk hari Jumat. Selain itu, Anda juga bisa mendaftar melalui aplikasi Sistem Pendaftaran Online Tanpa Antri (Si-Poetri), whatsapp dan sms 0823 3355 3066.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119