Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Memakai HEADSET. Bergaya Tapi Bahaya

Memakai HEADSET. Bergaya Tapi Bahaya

DI ERA sekarang hampir semua pengguna smartphone mempunyai earphone atau headset. Perangkat ini menjadi bagian terpenting karena dapat digunakan untuk mendengarkan musik, game, video sekaligus telepon.

Akan tetapi, alat pengeras suara tersebut jika terlalu sering di gunakan (atau berlebihan penggunaannya) ternyata dapat menyebabkan pengunanya kehilangan pendengaran secara permanen. Bisa sebatas memicu penurunan fungsi pendengaran atau paling parah memicu ketulian atau tuli permanen.

“Kerusakan secara permanen dikarenakan sel sel saraf di bagian dalam telinga sudah rusak akibat dari getaran suara yang berlebihan,” kata Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok Kepala Leher RSUD dr. Iskak Tulungagung dr. Moch. Mundir Arif, Sp. THT-KL saat menjadi narasumber acara talkshow interaktif yang disiarkan langsung tim PKRS RSUD dr. Iskak Tulungagung melalui kanal-kanal medsos rumah sakit daerah tersebut.

Ia mengingatkan bahwa kebiasaan memakai headset dengan audio frekuensi tinggi dapat menyebabkan kehilangan fungsi pendengaran secara permanen.

“Kerusakan secara permanen dikarenakan sel sel saraf di bagian dalam telinga sudah rusak akibat dari getaran suara yang berlebihan,” Katanya.

Dan karena sel saraf sudah tidak berfungsi, akibatnya koklea ( berisi rambut getar inner dan outer) tidak lagi bisa menghantarkan rangsangan gelombang suara menuju ke otak. (Jika kondisi ini terjadi) Sangat sulit disembuhkan,” katanya.

Lanjut Dokter Mundir, tingkat kebisingan yang tinggi dapat membahayakan fungsi pendengaran pada saraf telinga berada di kisaran angka 85–120 desibel. Sedangkan standar kemampuan pendengaran manusia berada di kisaran angka dibawah 85 desibel dan aman jika 80 desibel atau kurang

“Agar fungsi pendengaran tetap terjaga dengan baik, disarankan mendengar suara bising yang tidak terlalu keras. Tingkat kebisingan yang aman adalah dibawah 85 desibel, dengan waktu paparan maksimal 8 jam setiap harinya. Di bawah angka itu juga lebih baik dengan durasi waktu lebih panjang,” ujarnya.

Sebagai langkah pencegahan, tips supaya terhindar dari efek samping pada pengunaan alat penguat suara (headset), yaitu hanya dengan cara mengatur volume suara tidak lebih dari 60 persen selama maksimal 60 menit per harinya

“Kurangi penggunaan headset secara berlebihan. Atau dengan cara mengurangi volumenya,” katanya.

Dokter Mundir juga mengingatkan kepada pengguna headset aktif dan pernah mengalami keluhan tertentu seperti rasa grebeg-grebeg ataupun berdenging di bagian telinga, segeralah di periksakan ke dokter.

“Supaya tidak terlambat, maka segeralah periksakan telinga anda, kemudian dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisinya,” pungkasnya.
(PKRS)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119