Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Mengenal Kanker Serviks, Penyakit Paling Mematikan yang Diderita Julia Perez

Mengenal Kanker Serviks, Penyakit Paling Mematikan yang Diderita Julia Perez

Sahabat Dr Iskak tentu mengenal artis multi talenta Julia Perez yang meninggal dunia akibat kanker serviks yang dideritanya. Jupe menyadari menderita kanker serviks sejak November 2014, sempat dinyatakan sembuh oleh sebuah rumah sakit di Singapura, sayangnya setahun belakangan kangker serviks Jupe diketahui sudah memasuki stadium akhir.

Kanker leher rahim atau lebih populer disebut kanker serviks merupakan jenis kangker yang penyebabnya penyakit human papilomavirus (HPV) yang muasalnya virus yang menginfeksi kelamin perempuan. Nah, data yang ada menyebut di Indonesia diperkirakan satu orang meninggal dunia setiap satu jam dikarenakan kanker serviks, yang muasalnya dari virus HPV tipe 16 dan 18.

Penyakit kanker serviks rentan diderita oleh perempuan yang sudah menikah, jika HPV telah mengjangkiti seorang perempuan yang tertular saat berhubungan seksual, beberapa tahun atau puluhan tahun baru akan menjadi kanker serviks yang menggerogoti dinding rahim.

“Untuk penderita kanker serviks, jumlahnya juga sangat tinggi. Setiap tahun tidak kurang dari 15.000 kasus kanker serviks terjadi di Indonesia. Itu membuat kanker serviks disebut sebagai penyakit pembunuh wanita nomor 1 di Indonesia,” kata Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Prof.DR.dr. Aru Wicaksono seperti dikutip Kumparan.

Menurutnya,  jumlah pengidap kanker tahun 2016 ada 17,8 juta jiwa dan tahun 2017 menjadi 21,7 juta jiwa.

“Terjadi peningkatan 3,9 persen jumlah pengidap kanker,” Aru mengungkapkan datanya.

Menurut badan kesehatan dunia WHO pada tahun 2030 memprediksi akan terjadi lonjakan penderita kanker di Indonesia sampai tujuh kali lipat. Jumlah penderita kanker yang meninggal dunia juga kian membengkak.

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119