Meriahkan Ramadhan, RSUD dr. Iskak Gelar Lomba Tanfidz Cilik

Meriahkan Ramadhan, RSUD dr. Iskak Gelar Lomba Tanfidz Cilik

DALAM memeriahkan bulan Ramadhan 1442 H, manajemen RSUD dr. Iskak menggelar sejumlah perlombaan bernuansa religi. Beberapa di antaranya adalah lomba tanfidz untuk anak dari karyawan rumah sakit, kultum (kuliah tujuh menit) dan cerdas cermat untuk internal atau karyawan.

Plt Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr. Zuhrotul Aini Sp. A, mengatakan, sangat senang dan mengapresiasi gelaran lomba yang diadakan oleh tim manajemen RSUD dr. Iskak.

”Yang terpenting tetap menjalankan prokes (protokol kesehatan), Insya Alloh pandemi COVID-19 segera berlalu,” kata dokter Aini saat membuka acara Lomba Tanfidz yang digelar di studio, serta disiarkan secara langsung di kanal Youtube, Instagram, Facebook RSUD dr. Iskak pada Rabu, 14 April 2021.

Untuk lomba tanfidz cilik, peserta berasal dari anak-anak yang ibunya dan bapaknya bekerja di RSUD dr. Iskak atau karyawan rumah sakit.

Dokter Aini berpesan agar anak-anak tidak hanya berkeinginan meraih juara, namun niatnya digunakan untuk mencari pahala pada bulan suci Ramadhan ini.

”Pada bulan yang baik ini, mari memperbanyak meraih pahala, salah satunya dengan mengaji seperti ini,” pesannya.

Dewan juri yang bertugas sebagai berikut, dr. Muh. Mundir Arif SP.THT-KL, dr. Muhammad Annas, Sp.B, dan Nanang Dwi Utomo, Amd.

Dr. Muh. Mundir Arif SP.THT-KL mengatakan, babak final tanfidz cilik ini terdiri dari dua kelompok usia, enam orang di masing-masing kelompok, setiap anak mengambil undian lalu membaca salah satu surat al-quran juz 30 secara utuh.

”Setelah selesai satu surat, lalu dewan juri memberikan 10 pertanyaan terkait salah satu surat di juz 30,” kata dokter Mundir.

”Penilaian mengacu pada tiga parameter, yakni hafalan, tajwid dan lagunya. Para pemenang selanjutnya akan diumumkan pada 5 Mei 2021,” terang dr. Mundir.

Dalam gelaran lomba tanfidz hari pertama, Rabu, 14 April 2021, terdapat salah satu peserta  yang unik, yaitu Aira Syifa Annajwa yang berusia 8 tahun. Kendati baru duduk di bangku kelas 2 SD, Aira berani bersaing dengan kelompok usia yang ada di atasnya, yakni 11-12 tahun.

Aira merupakan putri dari Syafiatus Sholikah yang juga bidan di Ruang Melati, RSUD dr. Iskak.

Syafiatus Sholikah mengatakan, anaknya belajar menghafal untuk lomba hari ini mulai pukul 07.00 WIB, pagi ini.

“Jauh sebelum lomba, putri saya mulai menghafal surat-surat pendek mulai TK, yakni mulai Ad Dhuha sampai An-Nas,” papar Syafiatus seusai lomba.

”Saat kelas satu kemarin, ia mulai menghafal surat-surat yang panjang di juz 30,” imbuhnya.

Salah satu dewan juri, Nanang Dwi Utomo mengapresiasi semua peserta. Ia juga mengatakan penampilan Aira yang usianya 8 tahun, tetapi sudah bisa masuk di kelompok B atau usia 11-12 tahun.

”Adik Aira ini rajin menghafal dan mendapatkan tuntunan dari Allah, sehingga bisa masuk lomba di kategori ayat-ayat yang panjang,” kata dia.

Sekadar informasi, selain lomba tanfidz cilik, panitia lomba juga menggelar lomba kultum dan cerdas cermat untuk karyawan RSUD dr. Iskak. Kemudian, kegiatan lainnya saat Ramadan yaitu dipusatkan Masjid Asy-Syifa RSUD dr. Iskak, seperti kajian sehabis Salat Dhuhur, bagi-bagi takjil jelang waktu berbuka, tarawih, tadarus, serta i’tikaf. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119