Nakes RSUD dr. Iskak Kampanyekan Bulan Imunisasi Nasional (BIAN) di Hari Anak Nasional

PERINGATI Hari Anak Nasional (HAN) 2022, Poli Anak RSUD dr. Iskak Tulungagung bersama dengan tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), menggelar penyuluhan di depan Poli Anak Dan Poli Tumbuh Kembang.

Acara yang digelar pada jumat (29/7/2022) ini berlangsung meriah, dan mendapat perhatian khususnya kaum ibu.

Pada kegiatan kali ini, fokus materi sosialisasi adalah meminta dukungan dari para pengunjung Poli Anak dan Tumbuh kembang, yang notabene para orangtua untuk bersama-sama mensukseskan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), yang akan dimulai pada agustus mendatang.

BIAN ini merupakan program dari pemerintah pusat untuk mengejar cakupan imunisasi yang sudah berjalan dua tahun ini tersendat akibat pandemi COVID-19.

Berbagai program imunisasi wajib untuk bayi dan juga balita terganggu akibat posyandu-posyandu tutup.

Hal ini berimbas pada cakupan imunisasi yang cukup rendah dan jauh dari target.

Dikhawatirkan, jika cakupan imunisasi ini tetap rendah akan berpotensi menimbulkan kejadian luar biasa (KLB), hingga adanya wabah penyakit yang menyerang anak-anak.

“Untuk itu, kami mohon dukungan dari bapak-ibu semua untuk mensukseskan program BIAN ini. Karena ini penting untuk kesehatan putra-putri kita,” kata Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Iskak, dr Zuhrotul Aini Sp.A saat sambutan sekaligus membuka acara penyuluhan.

Aini melanjutkan, terdapat dua agenda besar pada BIAN agustus nanti.

Pertama adalah imunisasi MR (measles dan rubella). Yakni imunisasi wajib bagi anak usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Imunisasi ini berfungsi untuk memberi kekebalan pada anak untuk terhindar dari penyakit campak (measles) dan campak jerman (rubella).

Kedua, catch up imunisasi atau untuk mengejar ketertinggalan target capaian imunisasi.

Anak-anak yang belum menerima imunisasi secara lengkap dapat mengikuti pada program catch up imunisasi ini.

Selain pemaparan materi dari dr. Herlin Kritanti, Sp.A, dr. Novi Evridayanti, Sp.A dan dokter PPDS Anak, dr. Cahyani Chrishariyati, juga terdapat kuis berhadiah dan sesi tanya jawab dengan pengunjung.

Untuk memeriahkan acara, seluruh pasien anak yang sedang berobat di Poli Anak Dan Tumbuh Kembang mendapatkan hadiah menarik dan balon warna-warni.

Usai kegiatan penyuluhan, seluruh tim dari poli anak berkunjung ke Ruang Rawat Inap Wijaya Kusuma.

Di sini para dokter dan perawat memberikan hadiah sekaligus balon sebagai wujud dukungan dan memberi apresiasi berkaitan Hari Anak Nasional.

Nampak para pasien senang dan ceria. Mengambil tema “Meningkatkan Kualitas Hidup Anak Melalui Pola Asah, Asih, Dan Asuh Yang Berkualitas” peringatan Hari Anak Nasional ini diharapkan menjadi momentum bagi semua untuk memberikan pengasuhan, pendidikan, serta kasih sayang pada anak. (HUMAS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?