Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Olahraga Aman di Era Kenormalan Baru (New Normal)

Olahraga Aman di Era Kenormalan Baru (New Normal)

Yuks, Simak Tips-tips Dokter Sita

MEMASUKI fase kenormalan baru (new normal), kegiatan olahraga menjadi salah satu aktivitas yang banyak digandrungi masyarakat. Baik yang sekedar jalan sehat, lari, bersepeda, berenang ataupun treatmen fisik lain. Semua ditujukan untuk menjaga dan meningkatkan system imun tubuh, disamping tentu saja mengisi jam-jam kosong selama work from home (WFH) bagi mereka yang sudah bekerja ataupun home schooling bagi mereka yang masih menempuh jenjang pendidikan mulai SD, SMP, SMA hingga bangku perkuliahan.

Di Tulungagung, aktivitas olahraga pagi/sore di GOR Lembupeteng, seputar alun-alun atau taman kota, Stadion Redjoagung, taman di sepanjang bantaran Kali Ngrowo serta sejumlah spot nongkrong/wisata menjadi pilihan untuk olahraga sekaligus update-update status bagi yang suka narsis. Terutama di setiap akhir pekan.

Nah, Lalu apa saja yang harus disiapkan agar kegiatan olahraga tetap aman? Jawabannya hampir sama dengan protocol kesehatan yang direkomendasikan WHO dalam aktivitas sehari-hari masyarakat. Jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan tentunya hindari makan dan minum di tempat yang sembarangan. Selesai olahraga, wajib mandi serta merendam baju yang digunakan olahraga ke bak air berdetergen ataupun di mesin cuci.

Lalu bagaimana pula dengan area olahraganya? Dalam hal ini, pengelola area olahraga wajib melakukan disinfektan secara berkala, serta menyediakan sarana cuci tangan, pengukuran suhu tubuh dan standar pemeriksaan kesehatan lainnya.

Masyarakat yang memiliki suhu tubuh di atas 37,7 derajat celcius dilarang memasuki area olahraga. Pendeknya, protokol kesehatan tetap harus dipenuhi.

Menjaga imunitas tubuh memang wajib dilakukan di masa COVID-19, termasuk dengan cara berolahraga. Namun, tidak berarti protokol kesehatan bisa diabaikan. Terlebih, seseorang berolahraga karena ingin tubuhnya sehat.

Itu sebabnya, disiplin menjalankan protokol kesehatan menjadi penting. Di masa new normal ini, bagaimana pun, masyarakat harus bisa produktif sekaligus aman dari COVID-19.

Tips olahraga yang aman di era kenormalan baru inilah yang dikupas tuntas oleh Dokter Spesialis Fisik dan Rehabilitasi RSUD dr Iskak Tulungagung, dr. Wahyu Sita Wardani, Sp.KFR, dalam sesi Talkshow Interaktif yang diselenggarakan tim PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit) RSUD dr. Iskak, Tulungagung, Senin (10/8/2020).

Acara yang disiarkan langsung (live streaming) melalui chanel youtube, facebook dan instagram milik official RSUD dr. Iskak Tulungagung itu juga bisa disaksikan secara tunda (recorded) di official akun yang sama.
Talkshow kesehatan semacam ini menjadi agenda rutin yang digelar tim PKRS RSUD dr Iskak dalam rangka edukasi dan pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tak hanya sekedar mejadi penonton atau pengguna medos pasif, warga yang ingin bertanya bisa mengajukan pertanyaan secara interaktif melalui jalur perpesanan whatsapp di 081515646564.

Dan bagi penanya yang beruntung bakal mendapat hadiah atau merchant menarik, khusus bagi pertanyaan terbaik yang dipilih oleh panitia penyelenggara dari tim PKRS. Yuks, simak link youtube dan video recorded-nya yang diunggah saling terkait di instagram maupun facebook @rsud.iskak

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119