Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Opera Van Iskak, Ketoprak Humor ala Komunitas Dokter-Perawat RSUD dr Iskak

Opera Van Iskak, Ketoprak Humor ala Komunitas Dokter-Perawat RSUD dr Iskak

PAGI itu, Sabtu (31 november 2019), halaman parkir RSUD dr Iskak, Tulungagung terlihat lain dari biasanya. Sebuah tenda (terop) besar terpasang lengkap berikut panggung, sound system dan deretan kursi tamu undangan dan penonton umum. Tak berselang lama kursi-kursi itu dipenuhi pengunjung yang mayoritas keluarga besar pegawai/karyawan RSUD dr Iskak.

Mereka yang sebagian masih mengenakan seragam dinas sesuai bidang tugas dan ruang masing-masing, rela berjam-jam menyaksikan rangkaian acara ‘hajatan’ yang hari itu sengaja dipentaskan dalam rangka memeriahkan HUT ke-102 RSUD dr. Iskak, Tulungagung. Puncak pertunjukkan yang dipentaskan adalah Opera Van Iskak dengan judul Klething Kuning.

Sebuah grup ketoprak dadakan bergenre humor yang keseluruhan pemerannya adalah para dokter, perawat serta pegawai di internal rumah sakit plat merah milik Pemkab Tulungagung itu. Kecuali Jo Klithik dan Jo Kluthuk yang sengaja diundang sebagai bintang tamu untuk menambah daya magnit dan kesegaran pertunjukan seni ala dokter-perawat di RSUD dr Iskak itu. mulai dari dalang, penari, pelakon pertunjukan budaya itu semuanya adalah orang-orang yang sehari- hari bergelut dengan dunia kedokteran dan dunia keperawatan. namun rupanya hal itu tak mengurangi kualitas seni ketoprak yang mereka tampilkan.

Sekalipun banyak diselingi guyonan segar yang nyerempet-nyerempet candaan khusus dewasa, namun pementasan mereka secara umum sangat baik. Unsur edukasi kesehatan tak lupa mereka sisipkan. Seperti halnya dalam tarian atau dance higiene cuci tangan yang dimainkan tim penari yang barusan menang dan menjadi juara nasional di ajang Seminar nasional PERSI (Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia) XVI pada 26 oktober 2019 di Jakarta, maupun saat dimainkan kelompok penari berlatar dokter dengan beberapa sentuhan kreasi yang apik.

Dalam acara ini juga diserahkan hadiah bagi pemenang lomba inovasi antarunit yang diikuti seluruh internal RSUD dr Iskak. Serangkaian acara dan lomba memang banyak digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke102 RSUD dr Iskak. Tak hanya opera Van Iskak yang dikemas ciamik, berbagai kegiatan sebelumnya juga digelar. mulai dari jalan sehat, bakti sosial pengobatan gratis, seminar kecantikan, lomba poster, merias tumpeng, fotografi, hingga terakhir upacara dengan mengenakan pakaian adat daerah nusantara oleh seluruh pegawai rumah sakit. (J/D)

0 Komentar

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119