Optimalkan Layanan Perumahsakitan, 14 Ambulans Siaga 24 Jam Nonstop

AMBULANCE atau ambulans menjadi salah satu fasilitas penting yang dimiliki oleh sebuah rumah sakit.

Tak heran jika untuk memaksimalkan layanan dan fungsinya, RSUD dr. Iskak Tulungagung menyiapkan sebanyak 14 armada ambulans.

Kepala Instalasi Ambulans RSUD dr. Iskak, Bambang Sulaksono S.E mengatakan, 14 aramada ambulans ini terdiri dari 5 armada ambulans basic, 3 armada ambulans emergensi, dan 6 armada ambulans untuk mobil jenazah.

“Keempat belas armada ini bersiaga selama 24 jam secara bergantian sesuai dengan tupoksinya,” jelasnya.

Sulaksono melanjutkan, ambulans basic merupakan mobil ambulans yang digunakan untuk kondisi nongawat darurat. Sehingga hanya dilengkapi dengan perlengkapan medis dasar. Seperti tabung oksigen.

Sementara untuk ambulans emergensi, dilengkapi dengan berbagai peralatan medis kegawatdaruratan, salah satunya elektrokardiogram (EKG).

Sementara untuk ambulans mobil jenazah dikhususkan untuk menjemput maupun mengantar pasien yang telah meninggal. Baik dari tempat kejadian perkara (TKP), maupun dari rumah sakit menuju rumah duka.

Tak hanya itu, RSUD dr. Iskak juga memiliki mobil ambulans khusus untuk kondisi pasien penyakit menular dan infeksius.

Kendaraan ini masuk kategori ambulans emergensi, dan kerap digunakan untuk antar jemput pasien terkonfirmasi COVID-19 pada beberapa waktu lalu.

Selain dilengkapi dengan armada yang memadai, Sulaksono mengatakan Instalasi Ambulans juga memiliki 14 sopir (driver) yang selalu bersiga penuh selama 24 jam.

Sementara tiga petugas lain di bagian administrasi. “Kami ada tiga shift, karena memang sesuai dengan aturan tidak boleh sampai kosong. Terutama untuk ambulans emergensi,” terangnya. (HUMAS/AAP)

Berita Terkait

Berita Terbaru

Polling

Apakah website ini bermanfaat untuk Anda?