Penunggu Pasien Tak Perlu Lagi Swab Antigen

Penunggu Pasien Tak Perlu Lagi Swab Antigen

MENURUNNYA angka kasus COVID-19 di Kabupaten Tulungagung menjadi pertimbangan RSUD dr. Iskak membuat beberapa kebijakan baru. Salah satunya meniadakan syarat tes antigen bagi penunggu pasien yang sedang menjalani rawat inap.

Namun demikian, pihak rumah sakit belum mengizinkan adanya jam kunjung bagi keluarga pasien. Artinya, satu pasien rawat inap hanya boleh ditunggu oleh satu anggota keluarga saja.

“Untuk jam kunjung masih belum ada, namun untuk penunggu atau pendamping pasien tidak perlu lagi tes antigen seperti sebelumnya,” terang Wadir Pelayanan RSUD dr Iskak, dr. Zuhrotul Aini Sp.A.

Aini mengatakan, pelonggaran kebijakan ini sekaligus untuk menghilangkan rasa khawatir dan takut untuk berkunjung ke rumah sakit. Karena sampai saat ini masih banyak masyarakat yang ragu untuk datang, padahal sedang memerlukan bantuan medis.

“Kami mencoba untuk menghilangkan hospital phobia atau takut ke rumah sakit karena imbas dari pandemi,” terangnya.

Aini menambahkan, meskipun tidak diberlakukan lagi swab antigen bagi penunggu pasien rawat inap, pihaknya menjamin keamanan (safety) pasien yang dirawat di RSUD dr. Iskak. Hal ini terlihat dari hasil screening setiap pasien yang masuk.

Pasien yang hendak rawat inap maupun pasien kegawatdaruratan diambil sampel swab PCR terlebih dahulu, sehingga petugas dapat dengan mudah mengelompokkan pasien COVID-19 dengan non-COVID19. “Untuk pasien yang masuk selalu di swab terlebih dahulu. Dan tempat perawatannya pun sudah kami pisahkan, sehingga benar-benar steril,” ujarnya.  (PKRS/AAP)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119