Butuh panggilan darurat medis dan non-medis? Call PSC kabupaten Tulungagung di 0355-320119 atau gunakan aplikasi PSC 119 Kabupaten Tulungagung, download di sini

Peran Instalasi CSSD Loundry Jaga Higienitas Linen

Peran Instalasi CSSD Loundry Jaga Higienitas Linen

Di dalam rumah sakit, sebenarnya tidak hanya ada dokter dan pasien. Akan tetapi, rumah sakit memiliki berbagai bidang agar pelayanan berjalan dengan baik.

Salah satunya, yakni Instalasi CSSD (Central Sterile Supply Department) Loundry RSUD dr. Iskak. Tugas utamanya membikin kebutuhan linen, seperti sprei, guling, selimut, baju pasien, dan baju petugas terus terjaga kebersihan dan terbebas dari kuman.

Kepala Instalasi CSSD (Central Sterile Supply Department) Loundry RSUD dr. Iskak Gadang Dewangga, S.Farm mengatakan, proses pencucian hingga pendistribusian sesuai standar agar menghasilkan produk linen yang bersih, aman, dan babas kuman.

”Kami juga melakukan pemeriksaan berkala dengan kultur mikrobiologi, tujuannya untuk mengetahui produk linen terbebas dari kuman maupun jamur,” kata Gadang.

Proses pencucian memakai detergen dan disinfektan yang langsung dimasukkan ke dalam mesin cuci. Setelah selesai dicuci, selanjutnya linen masuk tahapan pengeringan.

”Proses pengeringan memakai mesin sendiri, setelah itu penyetrikaan,” ujarnya.

Dalam proses pemeliharaan dan pengelolaan  linen, Instalasi Loundry RSUD dr. Iskak memiliki alur yang berbeda dan tempat yang terpisah antara linen infeksius dan non-infeksius.

”Demi menjaga higienitas, dibedakan waktu untuk pengiriman linen kotor dan waktu untuk pendistribusian linen bersih,” tuturnya.

Linen bersih diditribusikan setiap hari ke kamar pasien dengan menggunatakan tiga putaran. Yakni asumsinya, satu linen dipakai pasien, satu linen dicuci, dan satu linen untuk persediaan disimpan.

”Alurnya kami atur agar linen tidak menumpuk lama, serta tetap terjamin kebersihannya,” papar dia. Sementara itu, era pandemi ini penanganan linen yang infeksius memiliki antrian pencuciannya yang lebih tinggi. Semua petugas di Instalasi CSSD Loundry memakai alat pelindung diri (APD) yang lengkap untuk mencegah penularan kuman, virus dan lainnya. (PKRS/MAS)

Alamat

Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Kedung Taman, Kedungwaru, Kec. Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur 66223

Telp. (0355) 320119